DokterSehat.Com– Jangan sepelekan stress yang disebabkan oleh pekerjaan. Tak hanya membuat badan terasa lelah, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan psikis. Jika hal ini tidak segera diatasi, maka bisa jadi kita akan jatuh sakit. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kita sudah stress berlebihan dalam pekerjaan sehingga sebaiknya segera mengambil cuti atau melakukan cara lain untuk mengatasinya.

doktersehat-overtime-sibuk-kerja-lembur-stress-memunda-pekerjaan-wanita-resiko-jantung-resiko-kesehatan-wanita-karir

Mulai jarang beristirahat
Jika kita mulai sulit untuk mendapatkan waktu istirahat seperti makan siang atau sekadar minum kopi karena selalu dikejar-kejar pekerjaan yang menumpuk, maka hal ini menandakan bahwa kita sudah mengalami stres. Jangan habiskan waktu istirahat di depan komputer meskipun kita hanya berselancar melihat media sosial atau menonton film karena akan membuat pikiran tidak benar-benar beristirahat. Pergilah ke kantin atau taman untuk menenangkan tubuh dan pikiran.

Mudah lupa
Kerap lupa pada tugas yang seharusnya kita selesaikan atau lupa pada hal-hal kecil seperti kunci kendaraan adalah tanda bahwa kita sudah mengalami stress yang cukup berat. Ambilah cuti atau waktu untuk menenangkan pikiran jika sudah mulai mengalami hal ini.

Mulai sering bersikap pesimis
Stress ternyata mampu mengubah pola pikir seseorang menjadi lebih pesimis. Tak hanya itu, kita juga semakin sulit untuk mengambil keputusan dan motivasi untuk bekerja semakin menurun. Kita seperti ingin terus melarikan diri dari kehidupan sehari-hari yang membuat pikiran stres.

Gangguan tidur
Meski badan sudah lelah, kita tidak mudah terlelap atau kerap terbangun saat tidur. Hal ini akan membuat kita bangun tidur dengan kondisi lesu, tidak bugar, dan masih merasa pegal-pegal sehingga tidak lagi bersemangat untuk bekerja.

Menerapkan gaya hidup sehat
Demi mengatasi stres, banyak orang yang ‘melarikan diri’ pada hal-hal yang tidak sehat seperti rokok, junk food, camilan tidak sehat, atau bahkan minuman beralkohol. Padahal, berbagai hal tersebut bisa memicu penyakit berbahaya.

Cobalah cek kebiasaan Anda sekarang ini. Jika Anda mengalami tanda-tanda yang sudah disebutkan di atas, bisa jadi Anda memang sedang stres dan sebaiknya segera mengatasinya.