Terbit: 7 Februari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo


Kanker hati adalah kanker yang dimulai di sel-sel hati. Kanker yang menyebar ke hati lebih umum daripada kanker yang dimulai di sel-sel hati. Pada banyak kasus, gejala kanker hati tahap awal sering kali tidak menunjukkan tanda apapun. Berikut adalah ciri kanker hati stadium awal yang mudah untuk dikenali.

ciri-kanker-hati-stadium-awal-doktersehat

Ciri Kanker Hati Stadium Awal yang Jarang Disadari

Sebelum menjelaskan mengenai gejala kanker hati, perlu diketahui bahwa memiliki satu atau lebih gejala di bawah ini tidak berarti Anda menderita kanker hati. Bahkan, banyak dari gejala-gejala ini lebih mungkin disebabkan oleh kondisi lain. Namun, jika Anda memiliki salah satu dari gejala ini, penting untuk memeriksakannya ke dokter agar penyebab pasti dapat diketahui dan mendapatkan penanganan yang tepat.

– Iklan –

Tanda dan gejala kanker hati sering kali tidak muncul sampai tahap akhir penyakit, akan tetapi kadang-kadang gejala bisa muncul lebih cepat. Berikut adalah ciri kanker hati stadium awal yang paling umum, di antaranya:

1. Benjolan di Perut

Anda mungkin merasakan benjolan yang keras atau bengkak di area tepat di bawah tulang rusuk di sisi kanan. Sering kali benjolan ini tidak menimbulkan rasa sakit, namun jika Anda merasa sakit, rasa tidak nyaman itu mungkin berada di sekitar benjolan.

Selain itu, ciri kanker hati stadium awal juga menyebabkan pembesaran limpa yang menimbulkan rasa sakit atau benjolan di perut kiri atas.

2. Nyeri Perut

Rasa sakit di sisi kanan perut tepat di bawah tulang rusuk dapat terjadi karena tekanan tumor hati pada struktur atau saraf lain di area ini. Guna menghilangkan nyeri, ambil napas dalam dalam dan berikan tekanan ringan ke atas di bawah tulang rusuk sebelah kanan—posisi perkiraan di mana hati berada.

3. Nyeri pada Bahu Kanan

Rasa sakit pada pundak dapat menjadi gejala yang tiba-tiba. Kondisi ini memperingatkan Anda untuk tidak melakukan banyak aktivitas yang melibatkan pundak. Tidak hanya di bahu kanan, nyeri juga bisa terjadi di kedua sisi hingga menjalar ke punggung.

Jika Anda mengalami hal ini, terutama jika Anda belum melakukan aktivitas fisik baru-baru ini yang mungkin menjelaskan kondisi, segera temui dokter.

4. Penyakit Kuning

Penyakit kuning mengacu pada suatu kondisi di mana kulit, serta bagian putih mata tampak menguning. Ciri kanker hati stadium awal ini disebabkan oleh penumpukan garam empedu di kulit. Selain menguningnya beberapa bagian tubuh, kondisi ini juga memengaruhi warna tinja menjadi lebih pucat dan keputihan. Pada saat yang sama, urine mungkin tampak lebih gelap dari biasanya, meskipun Anda tidak dehidrasi.

5. Gatal

Penumpukan garam empedu di kulit selain menyebabkan penyakit kuning, juga bisa menyebabkan gatal. Meski sering dianggap sebagai gejala kanker hati yang tidak serius, namun gatal yang berhubungan dengan disfungsi hati bisa sangat intens.

6. Kembung dan Sesak Napas

Penumpukan cairan di perut yang disebut asites dapat menjadi ciri kanker hati stadium awal. Beberapa orang mengatakan bahwa ukuran ikat pinggang mereka berubah meskipun mereka belum bertambah berat badan. Pada waktunya, penumpukan cairan di perut dapat mendorong ke atas pada paru-paru yang menyebabkan sesak napas.

Baca Juga: Kanker Hati: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

7. Penurunan Berat Badan Tidak Terkait dengan Perubahan Pola Makan

Penurunan berat badan yang tidak terkait dengan perubahan dalam diet atau olahraga, sepertinya Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan ini terjadi apabila Anda kehilangan 5 persen dari berat badan.

Selain penurunan berat badan, peningkatan berat badan yang cepat dan tidak terduga juga merupakan ciri kanker hati stadium awal. Kondisi ini biasanya terjadi karena penumpukan cairan yang cepat di perut (asites).

8. Menurunnya Selera Makan

Kehilangan nafsu makan dapat terjadi dengan banyak gangguan, tetapi bisa sangat berbeda jika memiliki masalah dengan hati. Kondisi ini mungkin disertai dengan rasa kenyang yang sangat cepat, bahkan ketika hanya mengonsumsi camilan. Perlu diketahui juga, gejala ini tidak hanya terkait kanker hati tetapi juga bisa menjadi tanda  kanker lainnya.

9. Mual dan Muntah

Terdapat banyak alasan mengapa kanker hati dapat menyebabkan mual dan muntah, dan ini adalah gejala umum pada semua tahap penyakit. Ada banyak penyebab mual dan muntah, tetapi ketika sering terjadi, atau jika memburuk, segera konsultasi dengan dokter.

10. Kelelahan

Kelelahan kanker berbeda dari kelelahan biasa, dan bukan jenis kelelahan yang membaik dengan tidur malam yang nyenyak. Kadang-kadang ciri kanker hati stadium awal ini lebih mudah dilihat jika Anda melihat 6 hingga 12 bulan kebelakang dan membandingkannya dengan energi Anda hari ini.

11. Demam

Demamtingkat rendah tetapi menetap, suatu kondisi yang disebut sebagai ‘demam yang tidak diketahui asalnya’ (FUO=Fever of Unknown Origin).  FUO biasanya berlangsung selama tiga minggu atau lebih dan tidak dapat dikaitkan dengan penyebab yang jelas setelah tiga atau lebih kunjungan dokter (atau tiga hari di rumah sakit).

Segera konsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejala seperti di atas, terlebih jika Anda telah didiagnosis dengan sirosis, hepatitis C, atau kesehatan tiba-tiba memburuk.

Selain itu, ciri kanker hati stadium awal akan terus berevolusi dan memburuk seiring dengan pertumbuhan tumor dan penyakitnya. Segera temui dokter untuk diagnosis yang akurat jika Anda memiliki salah satu gejala kanker hati di atas.

Dalam kasus yang jarang terjadi, gangguan lain dapat berkembang sebagai akibat kanker hati, terutama pada tahap awal penyakit. Gangguan lain tersebut adalah sindrom paraneoplastik yang menimbulkan gejala di bagian tubuh lainnya. Kesadaran akan gejala-gejala ini dapat membantu mendiagnosis kanker hati. Beberapa sindrom paraneoplastik terkait dengan kanker hati meliputi:

  • Hiperkalsemia: Kadar kalsium darah tinggi.
  • Hipoglikemia: Kadar gula darah rendah.
  • Eritrositosis: Jumlah sel darah merah yang tinggi.
  • Hiperkolesterolemia: Kadar kolesterol tinggi.
  • Ginekomastia: Pembesaran payudara.
  • Penyusutan testis pada pria.

 

  1. Anonim. Signs and Symptoms of Liver Cancer. https://www.cancer.org/cancer/liver-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html. (Diakses pada 10 Januari 2020).
  2. Fayed, Lisa. 2019. Symptoms of Liver Cancer. https://www.verywellhealth.com/liver-cancer-symptoms-514170. (Diakses pada 10 Januari 2020).



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi