Inilah Tanda Seseorang Mengalami Gejala Stres Berat

Doktersehat-gejala-stres

DokterSehat.Com – Stres merupakan ketegangan atau gangguan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor dari luar, misalnya karena banyaknya pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga, atau bahkan karena putus cinta. Pada dasarnya gejala stres berat dapat dilihat dengan mudah.

Stres bisa diatasi dengan relaksasi, bisa dengan berlibur atau bercanda ria bersama keluarga dan teman-teman. Apabila tingkatan stres sudah mencapai kronis maka anda akan mudah tertular oleh virus maupun penyakit yang ada di sekitar.

Bagi Anda yang mempunyai kesibukan pekerjaan yang sangat banyak atau masalah percintaan, Anda harus berhati-hati dengan yang ancaman stres. Stres bisa melanda apabila Anda tidak bisa mengondisikan hati dan emosional dengan baik dan bijak.

baca juga: 8 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres!

Berikut ini beberapa tanda tanda stres berat yang harus Anda ketahui, di antaranya:

  • Terus menerus jatuh sakit

    Jatuh sakit setiap minggu, mulai dari batuk, pilek, hingga demam. Terus menerus jatuh sakit merupakan tanda bahwa kita sedang mengalami stres berat.

  • Susah berkonsentrasi

    Hati-hati jika Anda terlalu giat bekerja. Akibatnya Anda jadi susah berkonsentrasi dan mengingat hal-hal kecil pun jadi sesuatu yang sangat sulit. Penelitian menunjukkan bahwa stres berkepanjangan bisa merangsang perkembangan protein yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

  • Sakit kepala terus menerus

    Pernahkah Anda merasakan pelipis terasa berdenyut-denyut atau kepala terasa seperti dihantam palu berkali-kali? Itu tandanya stres berat. Jika rasa sakit kepala itu terasa parah sampai-sampai bisa membangunkan Anda di tengah malam, berhati-hatilah karena itu bisa jadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius.

    Apalagi jika disertai dengan masalah gangguan tidur yang Anda alami. Saat merasa sudah sangat lelah tapi mata tak bisa juga terpejam untuk tidur, bisa jadi itu karena pengaruh stres yang Anda rasakan.

  • Punggung dan leher terasa pegal

    Setelah bekerja seharian, rasa sakit yang Anda rasakan di punggung dan leher itu bisa jadi bukan hanya karena masalah duduk dalam waktu yang lama. Hal itu juga bisa menandakan bahwa Anda stres berat. Rasa tidak nyaman yang berlebiha ini dapat menimbulkan rasa sakit otot.

  • Rambut semakin mudah rontok

    Bangun di pagi hari lalu mendapati banyak sekali rambut rontok, itu bisa jadi tanda Anda terkena alopecia areata. Penyakit tersebut merupakan penyakit kulit autoimun, penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut dan membuat rambut jadi semakin mudah rontok. Meskipun tidak tergolong penyakit yang sangat serius, tapi penyakit ini sangat berkaitan dengan stres berat yang dialami penderitanya.

  • Jantung berdebar cepat

Jatung berdebar cepat merupakan salah satu tanda seseorang mengalami gejala stres. Hal ini bisa terjadi karena tingginya hormon kortisol atau dikenal dengan hormon stres.

  • Menurunnya konsentrasi

Gejala stres berat bisa terlihat dari hilangnya konsentrasi seseorang saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Stres bisa membuat Anda fokus terhadap masalah yang sedang dihadapi.

Agar beberapa gangguan seperti di atas tida Anda alami, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres yang Anda alami. Beberapa di antaranya adalah :

  • Mandi berendam dengan air hangat.
  • Berhubungan seks untuk yang sudah memiliki pasangan resmi.
  • Meluangkan waktu untuk jalan-jalan santai.
  • Melakukan meditasi atau yoga.
  • Mengobrol dengan orang terdekat.
  • Menghabiskan waktu melakukan hobi atau kegiatan yang paling Anda sukai.

baca juga: Benarkah Stres Bisa Pengaruhi Kesuburan Wanita?

Memahami sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh tubuh bisa mempermudah untuk meredakan stres yang dialami. Jangan lupa imbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur.

Stres merupakan hal yang normal terjadi jika terdapat sesuatu yang memicunya dan dapat diatasi sendiri sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, stres yang berkepanjangan, berulangkali terjadi, dan tidak lagi dapat dikendalikan bisa berpengaruh pada kehidupan.

Sementara itu, apabila stres tidak juga hilang setelah Anda melakukan beberapa cara di atas dan semakin sulit dikendalikan, sebaiknya segera berkunjung ke psikolog atau dokter spesialis kejiwaan.