Terbit: 27 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Melihat anak akrab dengan gadget sudah menjadi pemandangan umum yang sering dijumpai sehari-hari. Menghabiskan waktu dengan bermain gadget bukan berarti tanpa efek samping lho, Mom. Jika tidak diawasi dnegan baik, penggunaan gadget dapat membuat anak kecanduan dan mengganggu perkembangan anak.

doktersehat kecanduan gadget

Tanda anak kecanduan gadget

Kecanduan gadget atau gawai dapat menyebabkan anak mengalami kesulitan konsentrasi, daya ingat rendah, dan memicu sejumlah penyakit seperti obesitas, jantung, hingga depresi. Beberapa tanda anak kecanduan gadget yang perlu diwaspadai antara lain:

1. Anak enggan melakukan aktivitas lainnya

Salah satu tanda anak kecanduan gadgetadalah pikirannya hanya tertuju pada gadget tersebut dan ia memainkannya adalah sehari lebih dari 6 jam. Bangun tidur, yang ia inginkan hanyalah mengecek gadget, kemudian hal ini berlanjut juga saat makan siang dan seterusnya. Hal ini membuat anak malas melakukan kegiatan lainnya seperti bermain di luar rumah dan belajar.

2. Anak susah diajak bicara

Waspada jika si kecil mulai susah diajak bicara, tidak merespon pertanyaan atau obrolan Anda. Seringkali si kecil hanya terpaku pada layar gadgetnya ketika bicara dan baru merespon setelah pertanyaan diulang beberapa kali. Hal ini termasuk pertanda bahwa ia sudah mulai kecanduan pada gadget.

3. Sering uring-uringan jika dilarang bermain gadget

Apakah kini si kecil sudah mulai sering uring-uringan jika dilarang bermain gadget? Jika ya, Anda perlu waspada anak sudah mulai kecanduan. Anak yang kecanduan gadget baru merasa tenang jika sudah bermain gadget. Ia pun tidak akan rela untuk berlama-lama berpisah dari gadget.

4. Anak sering membantah

Sebenarnya anak sering membantah adalah hal yang normal dalam usia perkembanagn anak-anak. Namun kecanduan gadget juga dapat membuat anak sering membantah dan mudah marah. Jika perilaku agresif pada anak sudah mulai parah, maka sebaiknya Anda harus mulai menghentikan kebiasaannya tersebut.

5. Anak sering berbohong

Sering berbohong juga bisa menjadi tanda anak kecanduan gadget. Misalnya, anak berbohong bahwa hari ini tidak ada PR dari sekolah, atau anak bohong bahwa ia sudah makan siang, hanya karena tidak ingin waktu bermain gadgetnya terganggu dengan aktivitas lain. Jika mengetahui anak mulai sering berbohong, sebaiknya jangan langsung memarahinya namun bantu ia untuk mengatasi ketergantungannya pada gadget.

Nah Mom, apakah si kecil memiliki tanda-tanda di atas? Yuk awasi sebelum terlambat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi