Terbit: 16 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pingsan adalah kondisi yang wajar terjadi pada siapa saja. Jika kita sedang tidak fit atau terkena masalah kesehatan tertentu, hal ini bisa saja terjadi. Hanya saja, kita sebenarnya bisa memprediksi tubuh yang akan pingsan lho. Seperti apa sih tanda dari hal ini?

7 Hal Ini Menandakan Kita Akan Jatuh Pingsan

Tanda Kita Akan Pingsan

Pakar kesehatan Profesor Julian Stewart dari New York Medical College, Hawthorne, Amerika Serikat menyebut ada beberapa hal yang menandakan kita akan jatuh pingsan.

Berikut adalah tanda-tanda tersebut.

  1. Kepala Pusing

Memang, kepala pusing tidak selalu menandakan bahwa kita akan pingsan, namun banyak orang yang akan mengalaminya terkena gejala kesehatan ini. Hal ini disebabkan oleh menurunnya tekanan darah, khususnya yang ada di kepala dan akhirnya bisa membuat kita merasa pusing atau kehilangan kesadaran.

Jika kepala kita pusing saat berdiri setelah duduk atau tiduran, bisa jadi kita akan jatuh pingsan. Cobalah untuk duduk kembali demi membuat kondisi badan lebih stabil.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  1. Kunang-Kunang Pada Mata

Mata kita dialiri oleh darah sehingga memiliki tekanannya tersendiri. Jika terjadi masalah dengan sirkulasi darah menuju mata atau kepala, maka akan menyebabkan gangguan penglihatan seperti kunang-kunang pada mata. Jika kita mengalami hal ini saat berdiri, sebaiknya segera kembali duduk demi mencegah hilangnya kesadaran.

  1. Mengalami Masalah Hiperventilasi

Hiperventilasi adalah kondisi yang membuat kadar oksigen di dalam tubuh anjlok dengan drastis sehingga membuat kita bernapas dengan jauh lebih cepat dari biasanya. Dada juga terasa sesak akibat hal ini. Jika kita tak kunjung mendapatkan oksigen, dikhawatirkan akan membuat kesadaran akan menghilang.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk bernapas dengan pelan namun lebih dalam. Atur pernapasan dengan lebih baik demi membantu tubuh kembali mendapatkan oksigen dan berbagai organ atau jaringan tubuh bisa kembali berfungsi dengan normal.

  1. Mengalami Kesemutan di Bibir atau di Ujung Jari

Kesemutan seringkali terjadi di bagian tangan atau kaki, namun jika kita mengalami kesemutan di bagian bibir atau ujung jari, bisa jadi hal ini menandakan adanya masalah pada sirkulasi darah yang bisa memicu hilangnya kesadaran.

Pakar kesehatan menyebut kesemutan di bagian tubuh ini juga menandakan adanya gangguankeseimbangan kalsium. Cobalah untuk menenangkan diri atau melonggarkan pakaian dan ikat pinggang demi mengembalikan kondisi tubuh.

  1. Merasakan Sensasi Hangat

Banyak orang yang akan jatuh pingsan merasakan sensasi hangat yang menjalar ke berbagai bagian tubuh. Meski terasa nyaman, hal ini sebenarnya menandakan bahwa aliran darah meningkat dengan signifikan sebagai kompensasi gangguan pasokan oksigen di dalam otak. Selain sensasi hangat, kita juga akan merasakan tubuh lebih banyak berkeringat dari biasanya.

Cobalah untuk duduk dan minum air putih demi mengembalikan kinerja jantung agar tidak membuat aliran darah terlalu cepat dari normal.

  1. Mual-Mual

Mual-mual adalah tanda dari masalah kesehatan. Jika kita tiba-tiba mengalaminya tanpa penyebab yang jelas seperti keracunan makanan atau mengonsumsi alkohol, bisa jadi hal ini menandakan bahwa tubuh akan segera pingsan. Biasanya, mual-mual yang memicu hal ini disertai dengan kepala pusing atau hiperventilasi.

Segeralah duduk atau berbaring dan minta bantuan orang lain. Jika perlu, perbanyak asupan air putih demi mencegah tubuh kehilangan kesadaran.

  1. Perubahan Warna Kulit

Jika sampai sirkulasi darah terganggu, maka akan membuat beberapa bagian kulit akan kekurangan pasokan darah dan mengalami perubahan warna menjadi lebih pucat atau bahkan kebiru-biruan.

 

Sumber:

  1. Nurlaila, Anda. 2019. 9 Gejala Anda akan Pingsan. msn.com/id-id/kesehatan/health/9-gejala-anda-akan-pingsan/ar-AAIMEIc. (Diakses pada 16 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi