Terbit: 11 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu ciri-ciri kulit yang sehat adalah kondisi kuit yang bersih. Kulit yang bersih tentu saja kulit yang terbebas dari noda hitam atau pun bekas jerawat. Terkait dengan hal ini ada beragam cara untuk mendapatkan kulit yang bersih. Anda dapat menggunakan skincare khusus hingga memilih bahan-bahan alami yang lebih aman digunakan dan tidak menimbulkan reaksi iritasi mau pun alergi. Bagi yang tertarik menjajal cara membersihkan kulit secara alami, tidak ada salahnya untuk menyediakan sejumlah tanaman herbal seperti berikut.

Ragam Tanaman Herbal yang Jadikan Kulit Lebih Bersih

1. Basil

Salah satu tanaman herbal yang juga kerap dijadikan sebagai bumbu masak adalah daun basil. Dilansir dari laman Well and Good, dan basil merupakan astringent alami yang sangat baik untuk kulit. Bahkan, astringent pada daun basil lebih baik dibandingkan menggunakan alkohol atau pun benzoyl peroxide. Menggunakan daun basil tidak hanya menyegarkan kulit tetapi juga menjaga kulit tetap bersih, terutama dari bakteri dan jamur. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat antiseptik yang ada di dalam daun basil. Bahkan, penggunaan daun basil juga ampuh meredakan ruam atau pun peradangan pada kulit.

2. Kayuputih

Kayuputih atau yang juga disebut dengan cajeput merupakan tanaman herbal lain yang membuat kulit lebih bersih. Kayuputih memiliki aroma yang mirip dengan tea tree oil. Kendati demikian, ternyata kayuputih merupakan astringent alami yang juga dapat digunakan pada kulit sensitif. Lebih lanjut, penggunaan kayuputih juga ampuh mencegah reaksi alergi karena mengandung zat antiseptik dan anti peradangan. Anda juga dapat menggunakan kayuputih untuk menghilangkan komedo.

3. Geranium

Bunga satu ini kerap kali diolah menjadi minyak esensial yang baik untuk merawat kulit. Belakangan, minyak geranium justru digunakan sebagai anti repellant yang dapat mengatasi gigitan serangga. Namun, siapa yang menyangka ternyata geranium juga menjaga kulit terbebas dari flek hitam yang menjadi salah satu gejala penuaan. Geranium juga mencegah kulit kusam karena menstimulasi produksi sebum secara alami. Jangan khawatir untuk menggunakan minyak geranium karena minyak satu ini tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori.

Wah, tanaman herbal rupanya tidak hanya berasal dari rempah-rempah atau bumbu dapur saja. Anda juga dapat memanfaatkan sejumlah jenis bunga yang juga mengandung beragam bahan aktif yang baik untuk kulit.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi