Terbit: 10 Mei 2021 | Diperbarui: 11 Mei 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Dewandaru adalah buah berwarna merah, hijau, kuning dengan ukuran kecil yang menyerupai labu. Buah ini dikenal dapat mengobati berbagai macam masalah kesehatan, karena kandungan nutrisinya. Selengkapnya ketahui beragam manfaatnya untuk kesehatan di bawah ini!

11 Manfaat Buah Dewandaru dan Kandungan Nutrisinya

Kandungan Nutrisi Dewandaru

Dalam satu porsi atau setara dengan 173 gram buah ini mengandung banyak air, yaitu sekitar 157,1 g (gram). Selain itu, mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini nutrisi dalam buah dewandaru:

  • Kalori: 57
  • Protein: 1,38 g
  • Lemak total: 0,69 g
  • Ash: 86 g
  • Karbohidrat: 12,96 g
  • Magnesium: 5%
  • Vitamin C (50,56%), A (18,57%), dan B2 (5,31%)

Daun dari buah ini juga mengandung flavonoid, saponin, dan tanin. Flavonoid dari ekstrak daun berupa myricetrin, myrcitrin, gallocatechin, quercetin, dan quercitrin. Sementara senyawa tanin yang diisolasi dari fraksi aktif buah ini, termasuk gallocatechin, oenothein B, eugeniflorins D(1) dan D(2).

Manfaat Dewandaru untuk Kesehatan

Buah ini memiliki banyak nama, yaitu ceremai Belanda, cereme asam, asam selong, belimbing londo. Berkat kandungan di dalamnya, ceri Belanda memenuhi berbagai nutrisi yang penting untuk perkembangan tubuh.

Berikut ini sejumlah manfaat dewandaru untuk kesehatan:

1. Mencegah Penyakit Jantung

Kadar kandungan vitamin C yang cukup dalam ceri Belanda membantu mencegah kerusakan pembuluh darah akibat radikal bebas. Aterosklerosis adalah penyakit jantung yang terjadi akibat radikal bebas. Vitamin C dapat membantu mencegah jenis penyakit jantung ini dan masalah jantung lainnya.

2. Mengontrol Diabetes

Kencing manis atau diabetes adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh orang Indonesia, bahkan di dunia. Untuk mengendalikan kadar gula darah, dokter akan memberikan dosis insulin kepada penderita penyakit ini.

Nah, jika ingin meningkatkan kandungan insulin dalam tubuh secara alami, mengonsumsi buah dewandaru secara rutin. Buahnya memiliki rasa yang asam dan manis, oleh karenanya keinginan akan makan makanan manis juga dapat Anda atasi dengan mengonsumsi buah ini.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Guna membuat tubuh bisa melawan berbagai macam penyakit, sangat penting untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Untuk menjaganya lebih kuat, pastikan mengonsumsi makanan yang tepat dan penuh dengan nutrisi penting.

Kandungan vitamin C dalam buah ini juga berkhasiat menjaga sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan lebih sehat.

4. Mengurangi Peradangan

Buah ini mengandung berbagai mineral yang bersifat antiinflamasi. Oleh karena itu, bagi mereka yang sedang menderita nyeri sendi, nyeri otot, dan nyeri badan lainnya, mengonsumsi buah ini bisa menjadi salah satu solusinya.

Begitu peradangan berkurang, rasa sakit dan nyeri di berbagai jaringan, otot, dan tulang secara alami akan terkendali. Saat tubuh tanpa rasa sakit, pada akhirnya bisa membuat tubuh menjadi lebih produktif dan aktif.

Mengingat nyeri sendi dan otot sering terjadi, cobalah menanam pohon dewandaru di depan halaman rumah, karena sulit menemukannya di pasar.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah ini berfungsi sebagai astringen yang bekerja dengan cara mengecilkan pori sehingga membantu menghambat sekresi cairan dan elektrolit. Itu artinya, buah ini bisa menjadi pengobatan untuk diare dan penyakit gastrointestinal lainnya.

Sifat antiseptik dari buah ini juga akan membantu mengatasi gangguan pencernaan jika mengonsumsinya secara teratur. Kulit dari tanaman bahkan untuk pengobatan kesehatan saluran cerna.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Lobi-Lobi bagi Kesehatan yang Belum Diketahui

6. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Mengonsumsi buah dewandaru secara teratur bisa membantu berfungsinya paru-paru dan mencegah paru-paru tertular penyakit atau infeksi tertentu. Sifat antiinflamasi yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk mengobati peradangan paru-paru.

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah ini membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan bahkan dapat membantu mengobati penyakit paru obstruktif kronis. Oleh karena itu sangat disarankan Anda mengkonsumsi buah ini secara rutin untuk kesehatan paru-paru.

7. Mengatasi Tekanan Darah

Buah ceri Belanda memiliki sifat antihipertensi, itu artinya bisa membantu mengurangi efek tekanan darah tinggi (hipertensi) dan membantu menjaga aliran darah yang normal dan cukup ke ginjal.

Sifat antihipertensi yang terkandung dalam buah ini membantu mengobati tekanan darah tinggi dan membantu mencegah komplikasi tekanan darah tinggi, seperti serangan jantung, gagal jantung, infark miokard, dan stroke. Makan buah ini secara rutin bisa membantu menjaga tingkat tekanan darah.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah ini mengandung senyawa penting yang dapat membantu mengurangi penumpukan lemak berlebih di tubuh dan merampingkan perut.

Meskipun mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak, buah ini tidak menyebabkan penambahan berat badan karena kandungan kalori yang lebih sedikit. hal ini dapat meningkatkan penurunan berat badan karena rendah kalori.

9. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dalam buah ini bisa membantu melawan radikal bebas yang berfungsi mencegah kanker. Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga sangat membantu mengurangi risiko kanker.

Penelitian telah membuktikan bahwa asupan makanan yang mengandung banyak vitamin C secara teratur membantu mengurangi risiko beberapa kanker, termasuk paru-paru, tenggorokan, mulut, rektum, kerongkongan, pita suara, dan perut.

10. Meningkatkan Energi

Vitamin B kompleks yang ada dalam buah dewandaru memberi energi untuk fungsi organ tubuh. Ini juga penting untuk kerja enzim tertentu dan mencegah defisiensi yang terkait dengan kekurangan vitamin B kompleks.

Nutrisi ini juga diperlukan untuk berfungsinya sistem saraf secara normal. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ini akan memberikan tubuh vitamin B kompleks.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Cermai (No. 8 Pria Harus Tahu)

11. Membuat Kulit Sehat, Kencang, dan Bercahaya

Vitamin A yang terkandung dalam buah ini dapat membantu mencegah tubuh dari racun dan radikal bebas yang merusak kulit. Mengonsumsi buah ini secara teratur dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, kencang, dan bercahaya.

Berkat kandungan vitamin A, buah ini bisa membantu merawat kondisi kulit seperti jerawat, psoriasis, dan penyakit kulit lainnya. Buah ini juga memperkuat jaringan kulit dan meningkatkan kesehatan kulit.

Makanan kaya akan vitamin A juga membantu menjaga jaringan kulit dan selaput lendir, serta mengurangi kerutan dan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit.

 

  1. Anonim. 2020. Surinam Cherry Benefits, Nutrition, Side-effects, and FAQs. https://www.staynaturally.com/surinam-cherry/ (Diakses pada 10 Mei 2021)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. Surinam Cherry Health Benefits plus nutrition value. https://www.healthbenefitstimes.com/surinam-cherry/ (Diakses pada 10 Mei 2021)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. About Nutritional Values and Health Benefits of Pitanga Berries. https://www.finelib.com/about/tropical-fruits-and-vegetables/about-nutritional-values-and-health-benefits-of-pitanga-berries/249 (Diakses pada 10 Mei 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi