Terbit: 14 April 2021 | Diperbarui: 15 April 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Daun sendok adalah gulma atau tanaman liar yang bisa tumbuh di daratan Asia dan Eropa. Tanaman herbal ini memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Selengkapnya ketahui kandungan nutrisi, manfaat, dan efek sampingnya!  

10 Khasiat Daun Sendok untuk Pengobatan, Efek Samping, dll

Apa Itu Daun Sendok?

Daun sendok atau daun ki urat adalah tanaman obat berdaun hijau yang menyerupai sendok dan berbunga kehijauan. Tanaman yang juga disebut sebagai broadleaf plantain atau bernama latin Plantago major merupakan herbal yang bisa dimakan mentah atau dimasak sebagai bahan obat untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. 

Broadleaf plantain mengandung zat yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan (peradangan), menurunkan produksi lendir (dahak), dan membuka saluran udara. Tanaman herbal ini mungkin juga dapat membunuh bakteri dan jamur.

Kandungan Daun Sendok

Broadleaf plantain bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan karena mengandung beberapa mineral dan vitamin yang berkhasiat, termasuk: 

  • Kalsium
  • Magnesium
  • Serat
  • Flavonoid
  • Polifenol 
  • Asam sitrat
  • Tanin
  • Vitamin A, C, dan K

Khasiat Daun Sendok untuk Pengobatan

Meskipun sebagai gulma atau tumbuh liar, tanaman ini menawarkan berbagai khasiat yang mengejutkan untuk kesehatan. Khasiatnya mulai dari pengobatan untuk luka hingga masalah pencernaan.   

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Berikut ini berbagai manfaat daun sendok untuk pengobatan:

1. Mengobati Luka

Daun ini memiliki epidermal growth factor (EGF), senyawa hormon yang memungkinkan untuk mempercepat penyembuhan luka ringan dan memar. Allantoin adalah kandungan bahan kimia lainnya yang berkhasiat sebagai penyembuhan luka. Bahan kimia ini mendorong sel-sel kulit baru untuk beregenerasi pada area luka, membantu luka menutup lebih cepat.

Tanaman  herbal ini juga mengandung tanin, bahan kimia anti-inflamasi alami yang membuat jaringan menyusut atau berkontraksi. Hal ini penting sebagai penyembuhan luka terbuka karena bisa membantu luka menutup. Daun ini ini juga berkhasiat untuk membantu mengeluarkan serpihan dan pecahan kaca atau benda kecil lainnya yang masuk terlalu dalam pada kulit.

2. Mengatasi Gatal akibat Sengatan Serangga

Berkat sifat antiinflamasinya, khasiat daun sendok dapat membantu meredakan gatal, rasa terbakar, dan perih akibat gigitan serangga. Tanaman ini juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, sehingga bisa mengurangi kemungkinan area sengatan serangga terinfeksi.

Cara menggunakannya sebagai obat topikal untuk gigitan serangga, langkah pertama adalah merendam daun dalam air panas sampai layu, kemudian terapkan pada area gigitan serangga.

3. Menenangkan Kulit yang Merah dan Iritasi

Sifat antiinflamasi dalam teh daun ki urat untuk mengatasi gigitan dan sengatan serangga juga membuat teh ini juga berkhasiat untuk mengatasi jerawat (termasuk jerawat poison ivy) luka bakar, lecet, ruam, dan sengatan sinar matahari.

Kondisi kulit apa pun yang menyebabkannya menjadi merah, bengkak, dan meradang bisa mereda dengan air seduhan ki urat. Air perasan daun herbal ini juga bisa langsung Anda gunakan dengan cara yang sama. 

4. Meringankan Sakit Gigi

Khasiat ki urat bisa meredakan sakit gigi. Cara tradisional untuk meredakan sakit gigi adalah dengan mengoleskan akarnya yang telah kering pada gigi yang sakit. Ini adalah cara yang aman karena semua bagian ki urat, termasuk akarnya Anda makan.

Jika membuat bubuk akar terlalu lama prosesnya, Anda dapat dengan mudah mencuci akarnya sampai bersih, kemudian mengunyahnya pada bagian gigi yang sakit.

5. Infeksi Saluran Pernapasan

Manfaat daun sendok dapat membantu mengurangi produksi lendir pada saluran udara, yang membuatnya membantu mengobati flu, sinusitis, radang selaput lendir hidung, paru-paru, dan kondisi alergi bronkial (demam dan asma).

Tanaman herbal ini juga memiliki khasiat antiseptik, maka dari itu dapat menjadi bahan sebagai obat sakit tenggorokan, radang amandel, dan batuk.

Baca Juga: 17 Tanaman Herbal Pembunuh Virus Paling Ampuh

6. Meredakan Batuk dan Pilek

Daun ki urat memiliki sifat ekspektoran dan sifat antitusif, yang berkhasiat untuk mengobati batuk dan pilek. Tindakan antiinflamasi, pendinginan, dan pereda nyeri membuat tanaman herbal ini sebagai pilihan yang bagus untuk mengatasi sakit tenggorokan. Ki urat bekerja dengan cara mengurangi produksi lendir dalam tubuh, terutama pada sistem pernapasan.

Untuk mengobati batuk dan pilek, perbanyak minum teh daun ki urat. Sementara untuk sakit tenggorokan, berkumur dengan teh daun ki urat yang telah dingin atau dengan menggunakan beberapa tetes ekstrak dalam segelas air.

7. Mengatasi Sariawan

Selain mengatasi iritasi pada kulit luar, obat herbal ini juga bisa mengatasi sariawan mulut karena memiliki khasiat penyembuhan kulit, pengeringan, dan sifat antimikroba.

Mereka yang menderita sariawan harus berkumur dengan teh dari daun herbal ini sebanyak 3-4 kali sehari sampai luka menutup dan sembuh. Anda juga bisa mengunyah daun segar untuk mengeluarkan sarinya lalu mengarahkan daun yang sudah dikunyah pada bagian mulut yang terkena sariawan.

Manfaat daun sendok juga dapat mengobati gusi berdarah. Ini karena kandungan sifat hemostatik dan astringen dapat menghentikan pendarahan, sementara sifat antiinflamasi mengurangi pembengkakan, dan unsur antimikroba memerangi bakteri.

8. Mengobati Diare

Meskipun tanaman ini mengandung banyak serat sebagai pencahar, teh dari daun ki urat justru bisa memiliki khasiat sebaliknya. Hal ini karena kandungan bahan kimia nabati bertindak sebagai astringen ringan, mengeringkan sekresi tubuh, membuatnya berkhasiat untuk membantu mengobati diare.

9. Menenangkan Wasir

Manfaat astringen dalam daun ki urat juga membantu mengecilkan wasir, sementara sifat antiinflamasi, pendinginan, dan analgesiknya sebagai pereda nyeri yang menenangkan. Terapkan daun ki urat yang sudah direndam air panas pada wasir luar, biarkan selama mungkin, dan angkat sebelum daun mengering.

Anda bisa menggunakan bola kapas yang direndam dalam teh daun ki urat untuk mengusap wasir. Sebagai pelengkap pengobatan, minum beberapa cangkir teh dari daun ini setiap hari untuk membantu mengatasi wasir dalam dan untuk menambah pengobatan pada wasir luar.

10. Berkhasiat untuk Obesitas

Tanaman herbal ini juga memiliki sifat diuretik, detoksifikasi, dan sifat penekan nafsu makan, yang membantu mengurangi rasa lapar. Untuk itu, manfaat daun sendok bisa membantu mengurangi berat badan pada orang obesitas.    

Cara menggunakannya, cukup mengonsumsi 3 gram ramuan dari herbal ini dengan 250 ml air 30 menit sebelum makan. Ingat, batasi maksimal tiga kali sehari dan perhatikan seberapa banyak penurunan berat badan Anda.

Baca Juga: 7 Teh Herbal yang Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Efek samping

Tanaman herbal ini baik yang mentah atau dimasak, aman bagi bagi kebanyakan orang dewasa. Namun, dalam bentuk suplemen dapat menyebabkan gejala ringan, termasuk:

  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Perut kembung
  • Reaksi kulit 

Sedangkan penggunaannya dalam dosis tinggi dapat memicu efek samping yang lebih serius, termasuk reaksi alergi yang parah dan berpotensi mengancam nyawa (anafilaksis).

Suplemen serat yang berasal dari biji, seperti psyllium, juga dapat menyebabkan masalah pencernaan, antara lain:

  • Gas
  • Kembung
  • Rasa kenyang yang tidak nyaman

Oleh karenanya, pastikan untuk memulai dengan dosis rendah, tingkatkan asupan secara perlahan, dan gunakan hanya sesuai petunjuk untuk meminimalkan potensi efek samping. Jika mengalami reaksi alergi, hentikan penggunaannya sesegera mungkin dan konsultasikan dengan dokter.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Health benefits of Plantain herb. https://www.healthbenefitstimes.com/plantain-herb/ (Diakses pada 14 April 2021)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. Great Plantain. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-677/great-plantain (Diakses pada 14 April 2021)
  3. Link, Rachael. 2020. What Is Plantain Weed, and How Do You Use It?. https://www.healthline.com/nutrition/plantain-weed (Diakses pada 14 April 2021)
  4. Under, Lauren F. Tanpa Tahun. 10 Reasons Why You Should Never Kill Your Plantain Weeds (A Powerful Healing Herb). https://www.ideahacks.com/plantain-benefits/ (Diakses pada 14 April 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi