Tambahan Susu Pada Kopi Bisa Menambah Nutrisi Sehat?

minum-kopi-doktersehat.jpg
Photo Source: Flickr/bradleypjohnson

DokterSehat.Com– Salah satu jenis kopi yang disukai banyak orang adalah kopi susu. Tambahan susu pada kopi membuat rasanya menjadi lebih manis dan gurih. Hanya saja, apakah tambahan susu pada kopi bisa ikut menambah nutrisi sehat di dalam kopi?

Popularitas kopi memang cenderung semakin meningkat belakangan ini. Banyak orang yang sengaja untuk pergi ke kedai kopi selepas pulang dari tempat kerja demi menghilangkan stres. Kopi juga termasuk dalam minuman yang sering dikonsumsi di tempat kerja karena dianggap bisa menghilangkan rasa kantuk dan menambah konsentrasi saat bekerja.

Pakar kesehatan gizi Saptawati Bardosono menyebutkan bahwa tambahan susu pada kopi bisa memberikan manfaat lain berupa kalsium, protein, dan lemak. Berbagai nutrisi ini bisa mengimbangi kandungan kafein yang berasal dari kopi.

Hanya saja, penambahan nutrisi ini sebenarnya tidak begitu signifikan karena porsi susu yang ditambahkan ke kopi tidak terlalu banyak. Selain itu, biasanya selain susu kita juga mendapatkan tambahan gula yang cukup tinggi.

“Nutrisi seperti kalsium dan protein dari susu jumlahnya tidak terlalu banyak. Bahkan, jumlahnya jauh lebih sedikit dari gula,” ucap Saptawati sebagaimana dilansir dari CNN.

Meskipun jumlahnya tidak banyak, tambahan nutrisi ini tetap saja bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Sebagai contoh, keberadaan kopi bisa menambah kewaspadaan dan konsentrasi otak yang tentu akan membantu kita untuk berpikir lebih jernih dan tidak mudah mengantuk saat masih harus melakukan aktivitas. Selain itu, keberadaan gula juga bisa menjadi tambahan energi tersendiri.

Hanya saja, di balik rasanya yang nikmat dan adanya nutrisi yang menyehatkan dari kopi susu, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita tidak boleh mengonsumsinya terlalu sering. Sebagai contoh, adanya kandungan gula yang cukup tinggi di dalam kopi susu tentu bisa membuat kita meningkatkan risiko diabetes atau obesitas jika dikonsumsi setiap hari.

Perlu Anda ketahui juga bahwa kopi pun termasuk ke dalam minuman yang bersifat diuretik atau bisa membuat kita lebih sering buang air kecil. Hal ini tentu bisa membuat kita lebih rentan terkena dehidrasi.