Ingin Tamatkan Komik, Pria Ini Berhenti Konsumsi Narkoba

iman-narkoba-komik-doktersehat
Photo Source: Widiya Wiyanti/detikHealth

DokterSehat.Com– Seorang pria bernama Iman memiliki motivasi yang sangat unik untuk menghentikan kecanduan narkoba, yakni ingin menyelesaikan komik One Piece yang sangat ia sukai. Ia tak ingin mati penasaran hanya karena tidak sempat menyelesaikan komik buatan Jepang ini.

Dilansir dari Detik, Iman mengaku sudah mulai tertarik dengan dunia narkoba sejak usia SD. Saat baru duduk di kelas 4 pada 1993 lalu, Iman sudah mulai mengisap rokok. Bahkan, di akhir masa SD, ia sudah mulai mengonsumsi ganja dan putaw. Sebagai informasi, pada tahun 90-an, narkoba memang cenderung beredar sangat marak di tanah air sehingga sangat mudah didapatkan oleh siapa saja, termasuk anak-anak sekolah dasar.

Karena kebiasaannya mengonsumsi narkoba, pada 2004 silam Iman dipastikan positif mengidap HIV-AIDS. Ia mengaku tertular penyakit mengerikan ini setelah sering menggunakan jarum suntik secara bergantian yang dipakai oleh banyak orang hingga berminggu-minggu lamanya. Iman bahkan sempat tertangkap polisi dan mendekam dalam tahanan akibat kondisi ini.

Lebih dari 13 tahun setelah didiagnosis terkena HIV, Iman memilih untuk mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat, termasuk tak lagi mengonsumsi narkoba. Ia rajin berolahraga, tak lagi begadang, mengonsumsi makanan sehat, dan rajin beribadah. Hal ini ternyata membuat kondisi tubuhnya tetap bugar meski baru mengonsumsi obat anti retroviral (ARV) yang seharusnya selalu dikonsumsi penderita AIDS seumur hidup mulai 2017 lalu.

Keinginannya untuk terus bertahan hidup meski menderita AIDS juga disebabkan oleh hobinya membaca komik One Piece. Ia ingin sekali menyelesaikan komik ini hingga tamat sehingga tidak akan mati penasaran. Sebelumnya, Iman juga sudah menyelesaikan komik Naruto hingga tamat.

Semangat untuk hidup sehat yang dimiliki Iman sangatlah patut untuk kita tiru.