DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dengan mendapatkan asupan vitamin D dengan cukup setiap hari, maka kadar kalsium dan fosfor dalam darah akan terjaga. Tak hanya itu, penelitian terbaru yang dilakukan Janet Lord dan Khaled Al-Tarrah yang berasal dari Birmingham University, Inggris menyebutkan bahwa mendapatkan asupan vitamin D yang cukup bisa membantu mencegah datangnya infeksi sekaligus menyembuhkan luka bakar dengan lebih cepat.

doktersehat-ayo-makan-ikan

Kebanyakan orang berpikir jika untuk mendapatkan vitamin D, kita harus sering-sering berjemur menikmati hangatnya sinar matahari pagi. Padahal, beberapa makanan berikut ini juga bisa menyediakan asupan vitamin D bagi tubuh.

Jamur
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa konsumsi jamur yang sudah diolah hingga matang bisa meneydaiakan asupan vitamin D bagi tubuh. Bahkan, jika jamur ini sempat dijemur di bawah sinar matahari terlebih dahulu, kadar vitamin D-nya bisa lebih tinggi.

Telur
Salah satu lauk yang mudah diolah menjadi makanan yang enak ini ternyata juga kaya akan kandungan vitamin D sehingga sebaiknya rutin kita konsumsi.

Ikan
Kampanye agar masyarakat rutin makan ikan agar tubuh menjadi lebih sehat ternyata memang benar adanya. Hal ini disebabkan oleh tingginya berbagai macam nutrisi di dalam ikan, termasuk vitamin D. Beberapa jenis ikan yang kaya akan kandungan vitamin ini adalah ikan salmon, ikan kembung, dan ikan tuna yang memiliki rasa yang lezat.

Keju
Meskipun memang sebaiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, konsumsi keju bisa menyediakan asupan vitamin D yang baik bagi tubuh kita.

Susu kedelai
Tak hanya memiliki rasa yang enak, susu kedelai ternyata kaya akan kandungan vitamin C, vitamin D, protein, dan zat besi. Susu yang dibuat dengan cara merendam kedelai kering yang kemudian digiling bersama dengan air ini bisa kita dapatkan dengan mudah di berbagai tempat, baik itu penjual keliling atau bahkan di supermarket.

Jadi, jika anda tidak sempat berjemur di pagi hari karena berbagai kesibukan, anda juga bisa mengkonsumsi berbagai makanan tersebut agar tetap mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.