Terbit: 9 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Demi mencegah datangnya kenaikan berat badan dan diabetes, American Heart Association menyarankan kita untuk membatasi asupan gula hingga 25 gram atau tak sampai 6 sendok teh.

doktersehat_saus

Sayangnya, kadangkala kita mengonsumsi makanan yang tanpa disadari memiliki kandungan gula yang tinggi. Berikut adalah beberapa makanan dengan kandungan gula yang tinggi meskipun rasanya tidak manis.

  • Saus

Saus yang sering kita jadikan tambahan pada makanan seperti ayam tepung, pizza, dan lain-lain baik itu saus tomat ataupun saus sambal ternyata memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Menurut Reader’s Digest, di dalam dua sendok saus ternyata terdapat 16 gram gula. Bayangkan saja jika kita mengonsumsi saus ini hingga beberapa kali dalam sehari, asupan gula harian kita tentu melebihi batas normal, bukan?

Tak hanya saus tomat atau saus tambal, saus barbeque yang memiliki rasa yang nikmat bahkan 40 persen bahannya terdiri dari gula. Biasanya, kandungan gula ini ditulis dengan nama lain seperti sirup jagung atau nama lainnya di kemasan saus sehingga kita tidak menyadarinya.

  • Sup kalengan

Banyak orang yang sengaja mengonsumsi sup atau sayur kalengan karena menganggapnya sebagai makanan yang sehat dan mudah untuk diolah. Yang menjadi masalah adalah, sayuran kalengan ini sudah tidak lagi segar dan kaya akan kandungan gula. Sebagai informasi, di dalam satu kaleng sup terdapat 15 gram gula.

Biasanya, di dalam label kemasan sup kalengan tidak tertulis dengan jelas tentang kandungan gula karena menggunakan nama lain seperti sukrosa, sup jagung, fruktosa, dektrosa, maltrosa, dan lain sebagainya.

Beberapa makanan lain yang ternyata tinggi gula meskipun tidak manis adalah yoghurt rendah lemak, snack bar, dan sereal granola. Melihat adanya fakta ini, sebaiknya kita tidak sering-sering mengonsumsinya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi