Terbit: 5 Desember 2019 | Diperbarui: 6 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kuman penyebab penyakit tersebar di mana-mana. Nah, salah satu tempat yang paling memungkinkan penularan penyakit adalah di dalam kabin pesawat. Tak hanya karena ada banyak orang dengan kondisi kesehatan yang bervariasi masuk di dalam satu ruangan yang kecil, perjalanan yang cukup lama juga bisa memicu penularan beberapa penyakit, khususnya flu.

Tak Mau Tertular Flu Saat di Pesawat? Duduklah di Posisi Ini

Dikutip dari Fox News, sebuah penelitian membuktikan bahwa duduk di dekat jendela peawat dan tidak beranjak hingga semua penumpang lainnya keluar pesawat ternyata bisa menurunkan risiko tertular flu atau penyakit lainnya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya pada Senin, 19 Maret 2018 dan dilakukan oleh Vicki Stover Hertzberg dari Emory University, Atlanta, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa besar kemungkinan penularan penyakit ini terjadi saat para penumpang berjalan di lorong saat menuju toilet atau keluar pesawat. Dengan duduk semakin jauh dari posisi lorong tersebut, maka kita akan semakin jauh dari sumber penyakit.

Para peneliti melakukan 10 kali perjalanan udara untuk mengecek kondisi permukaan dan udara di dalam kabin pesawat. Selain itu, para peneliti juga mengobservasi kebiasaan para penumpang selama di dalam pesawat. Perjalanan ini dilakukan pada tahun 2013, tepatnya saat musim flu yang disebabkan oleh 18 virus flu dan pilek. Sayangnya, dari total seluruh penerbangan yang diteliti, hanya ada 1 orang yang menderita batuk-batuk.

Penelitian lain pun dilakukan dengan bantuan dari Boeing Co dan Howard Weiss dari Georgia Tech. Mereka pun melakukan simulasi komputer untuk menentukan apa yang terjadi jika ada orang yang terkena flu duduk di baris ke 14 dan dekat dengan posisi dekat dengan lorong tunggal di dalam pesawat. Hasilnya adalah, hanya 1 orang dari 150 orang yang akan tertular penyakit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Penelitian pun dilakukan lebih lanjut dan menemukan bahwa 38 persen penumpang tidak pernah beranjak dari kursinya, 38 persen lainnya pergi sekali, 13 persen pergi dua kali, dan 11 persen pergi lebih dari dua kali. Mereka yang kerap beranjak dari kursinya adalah yang berada di posisi dekat lorong. Sebelas orang yang berada dekat dengan orang yang sakit flu adalah yang paling berisiko tertular.

Melihat adanya fakta ini, kita tidak perlu khawatir berlebihan akan tertular penyakit di dalam pesawat. Namun, jika memang masih khawatir, pastikan saja untuk memilih kursi yang dekat dengan jendela, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi