Tak Ingin Terkena Penyumbatan Darah? Minum Kopi Sebanyak Ini Setiap Hari

doktersehat-kopi-demensia

DokterSehat.Com– Sobat Sehat gemar minum kopi tidak? Apakah dalam sehari Anda bisa minum kopi hingga tiga cangkir? Jika iya, siap-siap saja mendapatkan manfaat tak terduga ini bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari Asia One, para peneliti dari University of Sau Paulo, Brasil, menemukan sebuah fakta menarik tentang manfaat minum kopi sebanyak tiga cangkir dalam sehari. Jika kita melakukannya, maka risiko untuk terkena penyumbatan darah di pembuluh darah arteri akan menurun dengan signifikan sehingga kita pun tidak akan mudah terkena penyakit jantung.

Hasil penelitian yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul American Heart Association pada Sabtu, 7 April 2018 lalu ini dilakukan untuk mencari kaitan antara kalsium dan coronary arteri calcium (CAC) atau kalsium arteri koroner. Sekitar 4.400 warga dari kota Sau Paulo dilibatkan dalam penelitian ini dengan cara menjawab kuesioner tentang makanan dan minuman yang mereka konsumsi setiap hari. Selain itu, mereka juga melakukan pengecekan CAC dengan tomografi komputer.

Hasil dari penelitian iniĀ adalah 56 persen orang meminum kopi dua cangkir dalam sehari. Sementara itu, 12 persen masyarakat mengonsumsinya tiga cangkir dalam sehari. Banyaknya kopi yang mereka konsumsi ini ternyata terkait dengan rendahnya kadar deposit kalsium pada katup aorta dalam tubuhnya.

Meskipun bisa memberikan manfaat kesehatan, salah satu peneliti yang terlibat, Andreia Miranda menyarankan setia orang untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi karena kandungan di dalamnya sangatlah banyak, termasuk berbagai jenis mineral yang sebaiknya tidak terlalu banyak dikonsumsi.

Miranda pun menyarankan kita untuk membatasi asupan kopi sebanyak empat cangkir saja agar tidak mengalami efek samping bagi kesehatan tubuh.