Tak Ingin Terkena Kanker Serviks, Rajin-rajin Melakukan Olahraga Ini

doktersehat-olahraga-jogging-lari-exercise-malam-hari

DokterSehat.Com– Kanker serviks atau yang dikenal luas sebagai kanker leher rahim adalah penyakit kanker paling mematikan nomor dua di dunia setelah kanker payudara. Sebagai informasi, kanker ini menyerang bagian leher rahim, bagian dari saluran reproduksi wanita yang menghubungkan vagina dengan rahim. Yang menjadi masalah adalah, kanker ini bisa menyerang semua jenis wanita tanpa mengenal usia, meskipun memang mereka yang kerap bergonta-ganti pasangan menjadi yang paling rentan untuk terkena.

Kanker ini sebenarnya dipicu oleh virus bernama human papillomavirus (HPV). Jika virus ini mulai memasuki tubuh, maka gejala awal dari kanker serviks cenderung tidak begitu kentara. Setelah kanker memasuki stadium lanjut, mulailah gejala-gejala seperti pendarahan yang tidak sesuai dengan siklus menstruasi dan gejala lainnya muncul.

Penyakit yang sangat menyeramkan ini untungnya bisa dicegah dengan melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah dengan mendapatkan imunisasi HPV. Selain itu, bagi mereka yang aktif secara seksual, ada baiknya mereka memakai kondom saaat melakukannya. Untuk deteksi dini penyakit ini, pakar kesehatan menyarankan kaum hawa untuk melakukan pemeriksaan pap smear setahun sekali, khususnya bagi kaum hawa dengan usia 25 hingga 49 tahun.

World Cancer Research Fund menyarankan kaum hawa untuk melakukan olahraga minimal 38 menit setiap hari demi menurunkan resiko terkena kanker serviks. Anjuran ini didasari oleh fakta bahwa melakukan aktifitas fisik ternyata bisa mencegah 3.700 kasus kanker serviks setiap tahun. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan fakta bahwa wanita yang tidak aktif secara fisik cenderung rentan terkena penyakit mematikan ini.

Beberapa jenis olahraga yang disarankan untuk mencegah datangnya kanker serviks adalah jogging, berenang, senam, atau olahraga aerobik yang bisa menyehatkan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.