Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mungkin Anda sudah tahu mengenai informasi yang menyebutkan jika air beras adalah cairan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Hal itu dibenarkan oleh beberapa pakar medis dan faktanya sampai saat ini masih banyak orang yang memanfaatkan air beras sebagai solusi kesehatan dan kecantikan.

Tak Hanya untuk Perawatan Luar, Air Beras Juga Bermanfaat Jika Diminum!

Namun, ternyata tidak sampai di situ, air beras juga tidak hanya digunakan sebagai perawatan dari luar, tapi juga bisa menjaga kesehatan tubuh dari dalam, alias diminum. Mungkin terdengar sedikit aneh, tapi fakta telah menyebutkan bahwa air beras bisa berdampak positif bagi tubuh ketika diminum.

Apakah aman? Banyak yang mengatakan jika air beras tak layak minum sebab bisa mengganggu pencernaan. Perlu diketahui, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Air hasil dari rebusan beras adalah sumber gizi dan telah dijadikan obat herbal secara turun-menurun di China dan India. Bahkan, penderita gizi buruk dianjurkan untuk sering-sering meminum cairan ini.

Lantas, apa saja manfaatnya?

  • Mencegah Dehidrasi

Air yang dihasilkan dari kukusan nasi atau beras bisa menjadi pengganti cairan tubuh yang telah terkuras. Jadi, air ini cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang panas atau ketika usai olahraga. Dengan rutin meminumnya, tubuh Anda akan terhidrasi dengan baik dan tentunya mendapat cadangan energi yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

  • Memperbaiki Imun

Hal ini telah dibuktikan oleh tradisi turun-menurun dari nenek moyang, bahwa orang yang baru saja sakit harus diberi air rebusan beras untuk mempercepat proses pemulihan. Sebab, air beras merupakan nutrisi super yang bisa digunakan untuk mengganti nutrisi ketika seseorang sedang sakit, misalnya demam.

  • Mengatasi Sembelit

Jika Anda mendengar rumor yang mengatakan bahwa air beras tidak baik bagi pencernaan maka Anda tidak perlu mempercayainya. Sebab, sebenarnya air beras sering digunakan untuk mengobati sembelit. Hal itu dikarenakan air beras kaya akan serta sehingga merangsang pertumbuhan bakteri baik yang berguna sebagai pelancar pencernaan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi