Tak Hanya Ngantuk, Mengalami Hal Ini di Siang Hari Menandakan Kualitas Tidur Malam yang Buruk

doktersehat-ngantuk-kopi-kerja-kurang-tidur-kantor

DokterSehat.Com– Kualitas tidur yang buruk atau kurang tidur akan membuat tubuh terasa lemas dan mengantuk sepanjang hari. Tak hanya itu, menurut pakar kesehatan, hal ini juga bisa mempengaruhi pekerjaan atau bahkan interaksi sosial dengan orang lain. Jika Anda sudah mengalami hal ini saat siang hari, ada baiknya cobalah untuk memperbaiki pola tidur malam agar lebih cukup dan berkualitas.

Sangat ceroboh
Jika kita kerap mengalami kecelakaan kecil yang disebabkan oleh kecerobohan yang sepele, bisa jadi kita memang mengalami kurang tidur atau tidur yang tidak nyenyak. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang sebenarnya sangat lelah namun saat tidur tidak benar-benar beristirahat dengan maksimal. Respons tubuh pada berbagai hal sangatlah buruk sehingga kita pun akan kerap mengalami kecerobohan. Untuk mengatasinya, cobalah untuk tidur siang sejenak.

Mudah tersinggung
Buruknya kualitas tidur ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan mental kita. Jika kita mudah tersinggung pada hal-hal kecil dan kerap marah pada teman atau keluarga tanpa alasan yang jelas, maka bisa jadi hal ini adalah tanda bahwa tubuh sedang dalam kondisi yang lelah. Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kualitas tidur yang buruk mempengaruhi suasana hati dengan signifikan.

Selain memperbaiki pola tidur, kita bisa mencoba latihan pernafasan, yoga, atau meditasi agar tidak mudah tersinggung atau marah-marah.

Ketergantungan dengan kopi
Kopi memang bisa mengatasi rasa kantuk dengan efektif karena adanya kandungan kafein di dalamnya. Namun, jika kita terus-terusan membutuhkan kopi demi bisa berkonsentrasi saat bekerja atau mengatasi rasa kantuk, ada baiknya kita memperbaiki pola tidur agar tidak lagi ketergantungan pada kopi mengingat konsumsi kopi dengan berlebihan sangatlah buruk bagi kesehatan.