Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Vitamin merupakan salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi. Sebab, dengan vitamin, tubuh akan tetap terjaga kesehatan serta kebugarannya. Vitamin sendiri bisa didapatkan dari berbagai macam makanan sehat seperti buah, sayuran, ikan, dan sebagainya.

Tak Hanya Lemas, Inilah 3 Hal yang Akan Terjadi Ketika Tubuh Kekurangan Vitamin

Photo Credit: pexels.com

Ada berbagai jenis vitamin yang terdapat di dalam tubuh seseorang. Semua jenis vitamin tersebut memiliki peranan serta fungsi masing-masing yang tidak boleh terabaikan sedikitpun. Pasalnya, jika tubuh sampai kekurangan vitamin, walau hanya sedikit, maka akan memunculkan gejala serta gangguan yang cukup mengkhawatirkan.

Sampai saat ini, banyak yang beranggapan jika tubuh kekurangan vitamin akan lebih lemas dan tidak bergairah. Selain itu, kekurangan vitamin juga meningkatkan datangnya risiko terhadap seseorang. Apakah hanya itu? Tentu saja tidak! Ada beberapa gejala lainnya jika tubuh sampai kekurangan nutrisi penting satu ini. Berikut diantaranya:

1. Rambut Rontok

Untuk urusan rambut, seseorang sangat membutuhkan asupan vitamin B7 yang bisa didapatkan dari makanan sehat seperti kacang-kacangan, ikan, kentang, dan sebagainya. Orang yang mengalami rambut rontok, dapat dipastikan jika dia kekurangan vitamin B7. Walau menggunakan shampoo serta kondisioner secara teratur sekalipun tidak akan mampu menghilangkan keluhan ini, selagi asupan vitamin B7 tidak terpenuhi secara baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

2. Peradangan

Peradangan yang sering terjadi ketika seseorang kekurangan vitamin adalah pada bagian gusi. Pernahkah Anda mengalami sakit atau nyeri pada gusi secara intens? Parahnya lagi, sakit tersebut dibarengi dengan pembengkakan yang membuat aktivitas makan menjadi terganggu. Nah, gangguan ini disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin D dan fosfor. Anda bisa mendapatkannya pada tomat, kacang, ikan, jeruk, dan susu.

3. Mata Kuning

Mata yang menguning bukan berarti seseorang sedang mengantuk atau kurang tidur. Mata kuning juga bisa sebagai indikasi gangguan kesehatan seseorang. Gangguan ini dikarenakan kurangnya asupan vitamin B12. Maka dari itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 seperti daging ayam, salmon, tuna, dan sebagainya untuk mengembalikan warna semula.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi