Tak Hanya Bikin Langsing, Ternyata Senam Zumba Memiliki Manfaat Ini

Doktersehat-senam-zumba
Photo Credit: Flickr.com/mski67

DokterSehat.Com – Banyak cara yang dilakukan oleh wanita untuk mendapatkan bentuk tubuh yang langsing dan ideal, salah satunya dengan latihan kebugaran. Adapun latihan yang biasa mereka lakukan seperti lari, berenang, latihan beban, bersepeda, hingga senam. Salah satu senam yang banyak digemari adalah senam zumba.

Senam zumba adalah latihan kebugaran yang gerakannya terdiri dari perpaduan tarian salsa dan gerakan tari latin. Senam zumba bisa dikatakan sebagai olahraga sambil menari karena didalamnya juga terdapat gerakan aerobik. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa senam zumba dikatakan olahraga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Pada intinya senam zumba dirancang untuk dilakukan berulang kali dengan menggerakkan sebagian besar otot tubuh, sehingga peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh akan meningkat.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari senam zumba, antara lain:

  • Membakar kalori

Mampu membakar kalori adalah tujuan utama wanita berolahraga. Mereka ingin menurunkan berat badan dan membentuk tubuh menjadi lebih menarik. Senam zumba adalah salah satu latihan yang ampuh membakar kalori. Dengan senam zumba, Anda dapat membakar sekitar 400-600 kalori per jam.

  • Membuat mood lebih baik

Karena senam zumba menggabungkan antara musik dan tarian, maka aktivitas ini akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Menari diiringi oleh musik bisa membuat kondisi hati menjadi lebih baik.

Olahraga yang menyenangkan akan membuat Anda terus bersemangat untuk melakukannya. Jika Anda malas pergi ke pusat kebugaran, Anda bisa mencoba senam zumba di rumah.

  • Mencegah stres

Selain dapat membuat kondisi hati menjadi lebih baik, senam zumba juga dapat mencegah stres. Gerakan yang diiringi oleh musik modern bertemakan upbeat akan membuat Anda bersemangat.

Musik upbeat juga dipercaya dapat membantu memperbaiki mood Anda menjadi lebih baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa selain menyehatkan tubuh, senam zumba juga bermanfaat untuk memberikan pengaruh positif dalam hidup.

  • Melatih gerak seluruh anggota tubuh

Selain membakar kalori, senam zumba menawarkan gerakan menyeluruh dari atas sampai bawah bagian tubuh. Pada gerakan atas, senam zumba biasanya banyak menggerakan tangan dan kepala

Sedangkan untuk bagian tengah hingga bawah tubuh, senam zumba akan membuat perut, bokong, pinggul dan kaki Anda semuanya bergerak secara bersamaan. Tidak lupa juga kalau manfaat zumba bisa melatih semua persendian tubuh karena gerakannya.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Senam zumba juga dipercaya dapat meningkatkan ketahanan tubuh secara signifikan karena menjaga sistem pernapasan untuk bekerja lebih baik. Saat sistem pernapasan sudah bekerja dengan optimal, maka asupan oksigen untuk tubuh juga terjaga dengan baik.

  • Meningkatkan koordinasi tubuh

Manfaat zumba lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah meningkatnya koordinasi tubuh. Senam zumba mengajarkan Anda untuk mengingat gerakan yang harus dilakukan saat mendengar irama tertentu. Mengasah koordinasi tubuh sangat penting, karena seiring bertambahnya usia akan terjadi penurunan kinerja koordinasi tubuh.

  • Menjaga tekanan darah

Sebuah penelitian terhadap sekelompok wanita mengungkapkan, setelah 12 minggu mengikuti senam ini, manfaat zumba yang bisa didapatkan pada mereka yang kelebihan berat badan adalah mengalami penurunan tekanan darah dan perbaikan signifikan terkait berat badannya.

Perlu diketahui, tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang mendapatkan julukan ‘silent killer‘ karena penyakit ini tidak menyebabkan gejala jangka panjang. Namun, penyakit ini mungkin mengakibatkan komplikasi yang mengancam nyawa layaknya penyakit jantung.

Nah, itulah beberapa manfaat senam zumba yang bisa Anda dapatkan. Agar senam aerobik ini lebih terarah Anda bisa meminta bantuan seorang instruktur. Selain itu, manfaat senam zumba secara sosial juga bisa didapatkan berkat banyaknya rekan yang bersemangat berlatih, di mana hal ini akan membuat Anda merasa tidak sendiri dalam mencapai kesehatan yang optimal.