Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang merasa lapar di malam hari dan memilih untuk melayani rasa laparnya ini dengan mengambil camilan. Meskipun tidak makan dalam jumlah yang banyak, kebiasaan ngemil di malam hari ini ternyata bisa membuat kita mengalami kenaikan berat badan dan berbagai dampak buruk lainnya bagi kesehatan seperti sebagai berikut.

Tak Hanya Bikin Gemuk, Ini Dampak Lain Hobi Ngemil di Malam Hari

  1. Gangguan tidur

Jika kita makan sebelum tidur, maka kualitas sekaligus kuantitas tidur kita akan menurun drastis. Pakar kesehatan bahkan menyebut dampak ini akan semakin terasa jika kita mengonsumsi makanan manis atau minuman berkafein. Kita akan kerap terbangun, tidur dengan tidak nyenyak, dan akhirnya bangun tidur dengan kondisi badan yang lesu dan tidak segar keesokan harinya.

  1. Gangguan hormon

Makan dekat dengan waktu tidur akan membuat respons hormon dalam tubuh terganggu. Hal ini bisa memicu gangguan pada sistem imun tubuh dan akhirnya kita pun akan lebih mudah terkena penyakit.

  1. Memicu diabetes

Kerap makan di malam hari akan membuat tubuh mengalami penurunan kemampuan dalam melepas insulin. Padahal, insulin inilah yang berperan besar dalam menjaga keseimbangan kadar gula darah. Terganggunya produksi insulin akan berimbas pada meningkatnya risiko terkena diabetes.

  1. Mudah lapar keesokan harinya

Terganggunya keseimbangan hormon dan pengendalian insulin akan membuat kita mudah lapar keesokan harinya. Hal ini tentu akan mengganggu berat badan sekaligus kesehatan tubuh secara keseluruhan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  1. Stress

Makan di malam hari terkait dengan datangnya stress. Padahal, hal ini juga bisa memicu peningkatan kadar lemak perut, lemak yang paling berbahaya bagi kesehatan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tak lagi makan atau ngemil di malam hari, apalagi dekat dengan waktu tidur, ya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi