Tak Hanya Benjolan, 3 Tanda ini Juga Termasuk Sebagai Gejala Kanker Payudara

Payudara Gatal Sebelah Kanan & Payudara Gatal Sebelah Kiri - DokterSehat

DokterSehat.Com– Kanker payudara merupakan sebuah mimpi buruk bagi setiap wanita. Bagaimana tidak, ketika seorang wanita sudah mengalami penyakit ini, maka akan muncul berbagai kemungkinan yang sangat merugikan dan bahkan berujung kematian. Sampai saat ini, jumlah korban nyawa akibat kanker payudara sudah tidak sedikit lagi dan terus bertambah.

Dilansir dari laman Prevention, kanker payudara sendiri dikarenakan oleh berbagai hal, misalnya gaya hidup yang tak sehat, kurang istirahat, makan tak teratur, serta gangguan virus atau infeksi lainnya. Namun, kanker payudara juga bisa dikatakan sebagai penyakit yang sulit dideteksi sebab tanda-tandanya jarang diketahui secara pasti.

Sampai saat ini, banyak yang mengatakan jika gejala awalnya adalah dengan muncul benjolan pada sekitar payudara. Apakah hanya itu? Tentu saja tidak, masih ada gejala lainnya yang jarang diketahui orang. Untuk itu, Anda harus mengenalinya sejak dini agar bisa menangani sebelum terlambat.

Berikut adalah 3 tanda kanker payudara yang jarang diketahui:

  • Warna Payudara Berubah

Sebagai wanita, tentu Anda lebih mengenal betul tengan fisik dan tubuh Anda, mulai dari bentuk hingga warnanya. Umumnya, orang normal memiliki warna payudara yang sama dengan bagian kulit lainnya. Hanya saja mungkin sedikit lebih putih karena selalu tertutup setiap hari. Tapi, ketika payudara berubah warna dan menjadi kemerahan, maka Anda perlu waspada. Sebab berubahnya warna payudara menjadi merah merupakan salah satu tanda penyakit datang, termasuk kanker payudara.

  • Benjolan di Ketiak

Tak hanya benjolan di payudara, faktanya kanker payudara juga bisa memunculkan gejala unik yang keluar dari area payudara, yakni benjolan pada ketiak. Ketika Anda merasakan ada sebuah benjolan pada area ketiak, maka itu adalah pertanda bahwa jaringan tersebut telah meluas dan harus segera ditangani.

  • Sering nyeri

Rasa nyeri pada payudara memang bisa dikatakan hal yang wajar, apalagi ketika mens datang. Tapi saat nyeri itu seangan sering, bahkan ketika tidak sedang mens, maka Anda harus mencurigainya. Sebab, nyeri sendiri bisa datang ketika jaringan serta sel kanker berkembang biak pada area payudara. Untuk memastikannya, alangkah baiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.