15 Manfaat Memelihara Anjing bagi Kesehatan (No. 7 Tak Disangka)

manfaat-memelihara-anjing-doktersehat

DokterSehat.Com– Anjing telah dianggap sebagai salah satu hewan peliharaan yang sangat patuh pada manusia. Tak hanya bisa membantu menjaga rumah, anjing disebut-sebut bisa menjadi kawan dan teman bermain yang sangat menyenangkan. Banyak penelitian menyebutkan bahwa manfaat memelihara anjing baik bagi kesehatan, khususnya dalam hal mengatasi stres atau membuat suasana hati menjadi lebih baik. Lantas adakah manfaat lainnya?

Manfaat Memelihara Anjing bagi Manusia

Selain mengatasi stres pada pemiliknya, berikut ini adalah segudang manfaat anjing bagi manusia yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Menjadi lebih aktif

Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology and Community Health baru-baru ini berhasil membuktikan bahwa manfaat memelihara anjing menjadikan membuat seseorang tanpa disadari mengalami perubahan gaya hidup menjadi lebih aktif.

Hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan anjing yang kerap berjalan atau berlari ke luar rumah. Banyak pemilik anjing yang ternyata mengikuti atau menemani kebiasaan anjing untuk berjalan-jalan atau berlarian di luar rumah ini dan pada akhirnya menjadi lebih aktif bergerak.

Pada akhirnya berdampak positif bagi kesehatan yang dapat menjaga berat badan yang ideal, mengatasi stres, membuat sirkulasi darah lebih lancar, membantu pembuangan racun melalui keringat, sekaligus membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat memelihara anjing benar-benar membuat Anda lebih kuat. Studi menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan seperti anjing berhubungan dengan tekanan darah rendah, penurunan kolesterol, dan penurunan kadar trigliserida, yang bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular keseluruhan yang lebih baik dan mengurangi risiko serangan jantung.

Pemilik anjing yang mengalami serangan jantung, bahkan dapat memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih baik.

3. Membantu menurunkan berat badan

Penelitian berulang kali menemukan bahwa berjalan dengan anjing peliharaan setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan, karena hewan yang setia ini memaksa Anda melakukan aktivitas fisik sedang selama 10, 20, dan bahkan 30 menit setiap kali.

Berdasarkan fakta pada 2010, satu penelitian kecil menemukan seseorang yang membawa anjing berjalan selama lima kali dalam seminggu mengalami penurunan berat badan rata-rata 14,4 kilogram selama setahun.

4. Mencegah depresi

Seseorang yang memelihara anjing dipercaya lebih tidak rentan terhadap depresi, kondisi ini memungkinkan dapat membantu kesehatan pemiliknya. Ini dibuktikan bahwa pemilik anjing tertentu lebih sedikit berisiko mengalami depresi daripada mereka yang tidak memelihara hewan peliharaan.

5. Mencegah alergi

Para ahli percaya manfaat anjing bagi manusia dapat berkontribusi terhadap alergi pada anak-anak. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa yang terjadi adalah sebaliknya: Anjing dan kucing sebenarnya menurunkan kemungkinan anak menjadi alergi terhadap hewan peliharaan — hingga 33 persen, menurut sebuah studi 2004 dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology. Anak muda yang memelihara anjing bahkan mungkin mengembangkan sistem kekebalan yang lebih kuat.

6. Mencegah penyakit dan cedera

Manfaat memelihara anjing diyakini dapat membantu mendeteksi, mengelola, merawat, dan mencegah berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Anjing yang telah dilatih bisa mengendus kanker kulit, kandung kemih, prostat, dan ginjal.
  • Anjing pelacak bermanfaat bagi orang dengan segala hal, mulai dari cedera otak traumatis, autisme, rheumatoid arthritis, meningkatkan mobilitas dan meningkatkan kemandirian.
  • Penderita Alzheimer dabat ditenangkan oleh anjing, karena dapat mengurangi gejolak emosi dan agresif.

7. Panjang umur

Banyak manfaat memelihara anjing bagi kesehatan jantung, di antaranya menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan trigliserida, yang secara keseluruhan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Sementara itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa seorang yang tidak memelihara anjing selamat dari serangan jantung, namun lebih mungkin meninggal dalam kurun waktu setahun daripada seseorang yang memelihara anjing.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Anjing adalah hewan yang sering dikenal paling berantakan, mereka yang membiasakan diri dengan bulu hewan peliharaan dapat mengurangi risiko alergi dan asma pada anak-anak.

9. Menenangkan

Manfaat anjing bagi manusia dapat memberikan suasana menenangkan dan akrab yang mengurangi tingkat stres dan kecemasan pada pemiliknya. Penelitian mengungkapkan bahwa pasien Alzheimer yang memiliki anjing memiliki lebih sedikit rasa cemas daripada pasien Alzheimer tanpa memelihara anjing.

10. Terapi untuk anak

Sementara pada anak-anak penderita autisme atau gangguan lain, hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan komunikasi, menurunkan tekanan darah dan mempercepat waktu pemulihan.

Terutama pada anak-anak dengan kondisi fisik dan emosional dapat memperoleh manfaat memelihara anjing, karena dipercaya secara intuitif. Alasannya karena hewan hanya menjawab dengan isyarat nonverbal dan menerima kehadiran seseorang dengan tulus.

11. Membantu keluarga tetap sehat

Manfaat anjing bagi manusia terbukti bahwa pemiliknya tidak rentan sakit secara keseluruhan. Terutama di masa pertumbuhan anak yang lebih sehat, karena lebih sedikit mengalami masalah pernapasan dan infeksi daripada anak yang dibesarkan di lingkungan yang tidak terdapat binatang peliharaan. Paparan dini terhadap bakteri yang berbeda dapat mengurangi kemungkinan mengalami alergi di kemudian hari.

12. Menenangkan pikiran

Biasanya, alasan memelihara anjing karena kualitas untuk lingkungannya, yang memberi banyak rasa aman dan menenangkan pikiran pada pemeliknya. Tak hanya itu, anjing juga dapat memberikan rasa aman dalam hal kesehatan, seperti mendeteksi kadar gula darah rendah dan kejang yang datang bahkan sebelum pemilik mengenalinya.

13. Mengajarkan tanggung jawab pada anak

Anak-anak menjadi lebih percaya diri dengan memiliki resa tanggung jawab merawat hewan peliharaannya. Ini termasuk memenuhi tugas-tugas sederhana seperti memberi makan, merawat, dan mengajak anjing berjalan setiap hari.

Hewan peliharaan juga mengajarkan empati, kebaikan, dan mendorong pengasuhan ketika anak-anak belajar untuk aktif merawat makhluk hidup.

14. Membantu Anda bersosialisasi

Tumbuh bersama anjing peliharaan bisa membantu meningkatkan kemampuan bersosialisasi ketika anak-anak berinteraksi dengan hewan. Manfaat memeliharan anjing juga membuat anak lebih mungkin bermain lebih banyak ketika ditemani hewan peliharaan di rumah.

Anggota keluarga juga cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi satu sama lain setelah mereka menyambut keberadaan hewan peliharaan di lingkungan keluarga.

15. Mengajarkan anak lebih empati

Sebuah penelitian di 2017 terhadap anak-anak berusia 7 hingga 12 tahun, menemukan bahwa keterikatan hewan peliharaan dalam bentuk apa pun dapat mendorong belas kasih dan sikap positif anak terhadap hewan, lho!

Penelitian anak-anak dengan anjing ini menghasilkan skor tertinggi terhadap perhatian hewan peliharaan. Studi ini mencatat bahwa anjing dapat membantu anak-anak untuk mengatur emosinya karena anjing dapat membantu dan menanggapi perilaku terkait perhatian anak.

Nah, dengan adanya fakta manfaat anjing bagi manusia, Anda yang memeliara anjing jangan malas bermain bersamanya ya, Teman Sehat!