Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagai seorang wanita, sudah sepatutnya Anda mengetahui lebih detail mengenai organ keintiman Anda, yaitu vagina. Sebab, vagina adalah salah satu organ yang cukup sensitif serta mudah sekali mengalami gangguan medis. Maka dari itu, diwajibkan bagi setiap wanita untuk mengenal seluk beluk tentang vagina sehingga bisa memperlakukannya secara bijaksana.

Tahukah Anda Seberapa dalam Miss V? Simak Faktanya Yuk!

Nah, bicara mengenai vagina, tahukah Anda seberapa dalam liang vagina yang Anda miliki?

Dari beberapa survei yang telah dilakukan mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan. Hampir 80 persen wanita dalam survei tersebut tidak mengetahui dalamnya liang vagina mereka. Walaupun bagi mereka yang sudah berumah tangga atau pernah melakukan seks sekalipun, tidak mengetahui seberapa dalam vagina yang mereka miliki. Namun, mereka punya cara sendiri untuk menghitungnya, yakni dengan cara mengukur panjang penis suaminya.

Perlu diketahui, panjang penis dan dalamnya vagina tentu saja merupakan dua hal yang berbeda. Jadi, kedalaman vagina tidak bisa diukur dari panjangnya penis pasangan Anda. Sebenarnya, dalamnya vagina hampir sama dari setiap wanita. Dilansir dari laman Womenhealth, ketika tidak terangsang secara seksual, rata-rata vagina memiliki kedalaman antara 3 sampai 4 inci (7-10cm). Namun, saat wanita mengalami rangsangan seksual, maka ukuran vaginanya pun berubah, baik itu bagian luar maupun dalam.

Begitupula dalamnya, dikatakan jika sedang terangsang, aliran darah akan menyebabkan leher rahim atau serviks menjadi naik yang mengakibatkan vagina mengalami peregangan kedalaman hingga 5-7 inci (12-17cm). Maka tak heran, jika sebesar atau sepanjang apapun ukuran penis pasti akan tetap masuk ke dalam vagina.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Tapi, ada beberapa kondisi pula yang menyebabkan elastisitas tersebut mulai tak berfungsi lagi, misalnya wanita yang telah memasuki masa menopause atau wanita yang mengalami vagina atrofi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi