Terbit: 11 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pemilik kolesterol tinggi harus berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Jika masih mengonsumsi makanan dengan kadar lemak atau kolesterol tinggi, maka kondisi kolesterol yang diderita bisa menjadi semakin parah. Hanya saja, apakah hal ini berarti penderita kolesterol tinggi sebaiknya tidak minum susu? Atau ada susu untuk penderita kolesterol?

6 Pilihan Susu yang Aman dan Tidak Aman bagi Penderita Kolesterol

Pilihan susu untuk penderita kolesterol tinggi

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penderita kolesterol tinggi masih bisa minum susu. Hanya saja, susu yang dikonsumsi juga tidak boleh sembarangan. Sebagai contoh, mereka harus menghindari beberapa jenis susu yang dianggap kurang baik bagi kondisi kesehatannya.

Berikut adalah beberapa jenis susu untuk penderita kolesterol yang boleh dan juga harus dihindari:

  1. Susu sapi

Susu sapi adalah susu yang paling sering dikonsumsi oleh umat manusia. Meskipun tinggi nutrisi dan telah diolah sedemikian rupa sehingga memiliki rasa yang enak, pakar kesehatan menyebut penderita kolesterol tinggi sebaiknya berhati-hati saat meminumnya karena memiliki kadar lemak dan kolesterol yang tinggi. Sebagai informasi, di dalam segelas susu sapi terdapat 146 kalori, 24 mg kolesterol, dan 5 gr lemak jenuh.

Lantas, apakah penderita kolesterol tinggi sebaiknya tidak minum susu sapi? Pakar kesehatan menyarankan mereka untuk memilih susu sapi dengan label rendah lemak atau bahkan bebas lemak. Hanya saja, pastikan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya karena biasanya memiliki kandungan gula cukup tinggi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Susu kambing

Susu kambing dianggap sebagai susu alternatif dari susu sapi. Hanya saja, banyak orang yang sudah terlanjur mengaitkan apapun yang berasal dari kambing dengan masalah kolesterol. Memang di dalam segelas susu kambing memiliki 168 kalori, 6,5 gram lemak jenuh, dan 27 mg kolesterol. Hal ini berarti, kandungan lemak jenuh dan kolesterol di dalam susu kambing bisa membahayakan penderita kolesterol tinggi sehingga susu kambing bukanlah susu untuk penderita kolesterol.

  1. Susu kelapa

Santan atau susu kelapa biasanya dikonsumsi oleh para atlet untuk menambah energi saat latihan atau bertanding. Makanan bersantan seringkali dituding sebagai penyebab masalah kolesterol tinggi, padahal, di dalam santan tidak ada kandungan kolesterol sama sekali. Sayangnya, di dalam santan terdapat kandungan lemak jenuh cukup tinggi yang bisa membahayakan kesehatan penderita kolesterol tinggi. Itu berarti, ini juga termasuk bukan pilihan susu untuk penderita kolesterol.

  1. Susu kedelai

Susu kedelai biasanya dikonsumsi oleh mereka yang mengalami alergi dengan susu. Bahkan, banyak orang yang memilih susu nabati ini karena menganggapnya tidak akan menyebabkan masalah kolesterol. Dalam realitanya, susu kedelai memang rendah lemak jenuh dan bahkan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Di dalam segelas susu kedelai juga terdiri dari 80 kalori, 2 gr lemak, dan 7 gr protein yang baik bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan menyebut susu kedelai cocok bagi penderita kolesterol tinggi yang harus membatasi asupan lemak jenuh. Kandungan di dalam susu kedelai seperti lemak tak jenuh bahkan bisa membantu mencegah datangnya penyakit jantung dengan efektif.

Hanya saja, ada baiknya kita tidak sembarangan mengonsumsi susu kedelai kemasan karena bisa jadi kandungan gulanya sangat tinggi sehingga bisa membahayakan kesehatan.

  1. Susu almond

Susu almond memiliki kandungan lemak tak jenuh cukup tinggi dan sama sekali tidak memiliki kolesterol. Kandungan kalorinya juga cukup rendah, yakni 30-40 kalori saja dalam segelas. Hal ini berarti susu almond adalah susu untuk penderita kolesterol yang aman.

  1. Susu beras

Susu beras berbeda dari air tajin. Susu ini berasal dari larutan tepung beras. Kandungan kalorinya cukup tinggi, namun kadar lemak jenuh dan kolesterolnya sangat rendah. Sayangnya, kadar proteinnya juga sangat rendah sehingga manfaat kesehatannya tidak begitu besar.

Itu dia ulasan singkat mengenai susu untuk penderita kolesterol. Jika Anda memilih susu yang tepat, maka kondisi kesehatan penderita kolesterol tinggi bisa terjaga.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi