Susu Turunkan Risiko Hipertensi?

manfaat-susu-untuk-rambut-doktersehat

DokterSehat.Com–¬†Salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penyakit ini termasuk dalam pembunuh diam-diam karena tidak menunjukkan gejala awal dengan jelas dan tiba-tiba saja bisa memicu penyakit kardiovaskular mematikan seperti serangan jantung atau stroke.

Untuk mencegah datangnya masalah hipertensi, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga pola makan tetap sehat, rajin berolahraga, tidur cukup, dan tidak mudah terkena stres. Selain itu, ada baiknya kita juga mulai rajin minum susu. Banyak orang yang tidak tahu jika susu yang kaya akan kalsium ternyata memang bisa menurunkan risiko terkena hipertensi.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Nutrition, dihasilkan fakta bahwa orang yang rajin minum susu satu gelas dalam sehari cenderung memiliki risiko terkena hipertensi lebih rendah jika dibandingkan dengan orang-orang yang malas mengonsumsi susu. Selain itu, penelitian lain yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of American Heart Assocation juga menyebutkan bahwa mengganti sebagian asupan karbohidrat dengan susu yang kaya protein mampu menurunkan tekanan darah sistolik pada penderita hipertensi maupun penderita prehipertensi.

Selain menurunkan risiko hipertensi, sudah menjadi rahasia umum jika rajin minum susu bisa membantu menjaga kepadatan tulang karena adanya kandungan vitamin D dan magnesium. Selain itu, minum susu juga akan membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga tidak mudah terkena penyakit sekaligus membuat proses penuaan tubuh melambat.

Mengingat susu adalah minuman yang lezat untuk dinikmati dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tak perlu lagi untuk rutin mengonsumsinya.