Terbit: 11 Februari 2021 | Diperbarui: 14 Februari 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Susu skim adalah jenis susu yang telah dihilangkan kandungan lemaknya. Jenis susu bebas lemak ini paling sering dibicarakan oleh orang-orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya.

Susu Skim: Kandungan, Manfaat, Jenis, dll

Kandungan Susu Skim

Berikut adalah berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya, antara lain:

  • Protein.
  • Kalsium.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Natrium.
  • Zinc.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B2.
  • Kalsium.
  • Vitamin B3.
  • Kalium.
  • Vitamin B6.
  • Vitamin B12.
  • Tanin.
  • Folat.
  • Lemak tak jenuh.
  • Lemak jenuh.
  • Omega-3.

Manfaat Susu Skim bagi Kesehatan

Meski kandungan kalorinya lebih rendah daripada susu murni, susu skim menyediakan jumlah protein, vitamin, dan mineral yang hampir sama dengan susu murni. Berikut berbagai khasiat susu skim yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Menjaga Massa Otot

Susu jenis ini mengandung protein tinggi sehingga bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara massa otot tanpa lemak. Hal ini menjadi penting, terutama bagi seseorang yang menderita obesitas.

Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi dari susu skim cair juga merupakan bagian integral dari otot dan fungsi sistem saraf secara keseluruhan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Sementara itu, kalsium dengan kadar tinggi yang ada di dalamnya merupakan bagian integral dari otot dan fungsi sistem saraf secara keseluruhan. Guna mendukung aktivitas normal, kadar mineral ini harus dipertahankan.

2. Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan

Susu skim untuk diet pada umumnya mengandung protein dalam jumlah yang cukup, sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang, otot, sel, dan jaringan.

Perlu Anda ketahui, saat tubuh mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung protein, sistem pencernaan akan memecah protein menjadi asam amino. Meski tubuh dapat memproduksi asam amino sendiri, sebagian lain hanya bisa didapatkan dari makanan atau minuman.

Hal itu menyebabkan tubuh memerlukan protein dari apa yang dikonsumsi agar fungsi protein dalam tubuh dapat berjalan dengan normal.

3. Menjaga Kesehatan jantung

Dibandingkan dengan susu murni, susu jenis ini adalah susu yang mengandung jumlah lemak jenuh yang sangat rendah. Selain itu, dengan kadar kolesterol yang rendah, susu skim bubur atau cair dapat menurunkan risiko aterosklerosis. Efek positif berikutnya adalah melindungi Anda dari masalah kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke.

4. Menjaga Kepadatan Mineral Tulang

Dibanding susu lainnya, susu dengan kalsium tinggi umumnya masuk dalam kategori susu skim. Susu skim adalah susu yang tidak mengandung lemak sehingga kadar kalsiumnya cenderung lebih tinggi.

Selain kalsium, kandungan vitamin D terbukti berguna untuk kesehatan tulang termasuk seseorang yang memiliki tulang keropos. Kepadatan mineral tulang yang ideal akan mengurangi risiko terkena osteoporosis di usia muda.

5. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan potasium yang tinggi pada susu ini dapat membantu mengontrol tekanan darah dengan meredakan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi cobalah untuk mengonsumsi susu rendah lemak.

Nah, itulah khasiat susu skim yang sebaiknya Anda ketahui. Meski memiliki sejumlah manfaat, hindari memberikan susu ini pada anak dimbawah lima tahun. Hal ini karena susu ini tidak mengandung lemak dan kalori yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Konsultasi dengan dokter gizi diperlukan untuk menentukan produk yang sesuai.

Baca Juga: 10 Manfaat Susu UHT bagi Kesehatan Tubuh

Jenis Susu Skim

Setelah Anda mengetahui berbagai manfaat seperti di atas, hal penting lainnya adalah mengenali jenis-jenis yang umumnya beredar di pasaran, antara lain:

  • Non-fat dry milk. Ini adalah susu skim bubuk dengan kandungan air dan krim yang sedikit.
  • Concentrated skim milk. Tampilan susu lebih kental karena kandungan airnya telah dikeluarkan. Proses ini membuat protein, gula alami, vitamin, dan mineral yang lebih terkonsentrasi.
  • Reconstituted skim milk. Ini adalah susu kering tanpa lemak dengan tambahan air, sehingga membentuk konsistensi seperti susu biasa.
  • Organic skim milk. Dibuat dari susu yang berasal dari sapi yang tidak diberi hormon pertumbuhan sintetis atau antibiotik dan hanya diberi pakan organik.

Susu Rendah Lemak Lebih Baik bagi Kesehatan?

Banyak orang lebih memilih susu skim daripada susu murni karena kandungan lemak jenuhnya yang lebih rendah. Meski sering dipandang sebagai bahan yang tidak sehat dan menyumbat arteri, namun banyak penelitian mengungkapkan bahwa lemak jenuh tidak seburuk yang diasumsikan.

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa tidak ada hubungan langsung antara konsumsi lemak jenuh dan penyakit jantung. Penelitian lain menunjukkan bahwa lemak jenuh dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL  atau kolesterol “baik” dan dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat stroke.

Meski memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa produk susu berlemak juga bisa lebih bermanfaat untuk lingkar pinggang. Faktanya, satu ulasan menunjukkan bahwa peningkatan asupan produk susu tinggi lemak sebenarnya terkait dengan risiko obesitas yang lebih rendah.

Studi lainnya mengungkapkan, wanita yang mengonsumsi satu porsi susu murni setiap hari cenderung tidak mengalami kenaikan berat badan dibanding mereka yang secara teratur mengonsumsi produk susu rendah lemak.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa produk susu tinggi lemak juga dapat melindungi dari sindrom metabolik, sekelompok kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Ingatlah bahwa susu skim dan susu murni harus dihindari oleh mereka yang memiliki intoleransi laktosa atau alergi terhadap susu. Selain itu, meningkatkan jumlah asam lemak yang menyehatkan jantung dan memilih susu organik juga dapat membantu meminimalkan paparan antibiotik atau hormon yang mungkin ditemukan dalam produk susu konvensional.

 

  1. Link, Rachael 2020. Skim Milk vs. Whole Milk: Which Is Better for You?. https://draxe.com/nutrition/skim-milk/. (Diakses pada 11 Februari 2021).
  2. Staughton, John. 4 Health Benefits Of Skim Milk. https://www.organicfacts.net/skim-milk.html. (Diakses pada 11 Februari 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi