Minum Susu Sebelum Tidur, Sehat atau Tidak?

susu-sebelum-tidur-doktersehat
Photo Source: Flickr/ John Beans - myfriendscoffee.com

DokterSehat.Com– Banyak orang yang sengaja minum susu sebelum tidur karena menganggap minuman ini bisa membuat kita bisa tidur dengan lebih nyenyak, namun, ada yang menganggap minum susu sebelum tidur bisa membuat berat badan naik. Sebenarnya, kebiasaan ini baik untuk kesehatan atau tidak, sih?

Minum Susu Sebeum Tidur

Susu dikenal luas sebagai salah satu minuman dengan kadar nutrisi yang tinggi. Tak hanya protein, kita juga bisa mendapatkan berbagai macam vitamin yang bisa mendukung berbagai fungsi tubuh. Jika kita meminumnya di waktu malam hari sebelum tidur, maka kita tentu akan mendapatkan berbagai nutrisi menyehatkan tersebut.

Pakar kesehatan Vasant Lad yang menulis buku berjudul The Complete Book of Ayuverdic Home Remedies menyebut minum susu sebelum tidur bisa memberikan manfaat kesehatan, khususnya dalam hal membuat waktu tidur menjadi jauh lebih nyenyak. Lad menyarankan kita untuk menambahkan rempah lainnya demi mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih besar layaknya kunyit dan jahe.

Di dalam susu terdapat kandungan triptofan dan melatonin yang bisa merangsang produksi hormon yang akan membantu waktu tidur menjadi jauh lebih berkualitas. Selain itu, Lad menyebut di malam hari, tubuh akan menyerap kalsium dari dalam susu dengan jauh lebih baik.

Hanya saja, minum susu di malam hari juga bisa memberikan efek samping tersendiri. Sebagai contoh, jika kita meminumnya sebelum tidur, dikhawatirkan masalah sembelit yang sedang dialami akan menjadi semakin parah. Hal ini disebabkan oleh kadar lemaknya yang sangat tinggi dan bisa membuat laju pencernaan menjadi lebih lambat.

Bahkan, ada sebagian pakar kesehatan yang menyebut konsumsi susu di malam hari bisa saja mengganggu kinerja hati dalam melakukan proses detoksifikasi tubuh. Meskipun begitu, anggapan ini masih menjadi perdebatan.

Beberapa Hal yang Terjadi Jika Kita Minum Susu Sebelum Tidur

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang akan terjadi jika kita minum susu sebelum tidur.

Berikut adalah berbagai hal yang akan terjadi tersebut.

  1. Bisa Membuat Berat Badan Naik

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, susu bisa saja memiliki kandungan lemak yang tinggi. Jika kita mengonsumsinya dalam jumlah cukup banyak atau sebelum tidur, hal ini tentu bisa membuat berat badan naik. Apalagi jika kita juga cenderung mengonsumsi makanan tinggi kalori setiap hari.

Melihat fakta ini, ada baiknya kita tidak berlebihan dalam minum susu setiap hari dan menjaga pola makan yang sehat. Jika perlu, kita juga bisa memiliki susu rendah lemak atau rendah gula demi mencegah kenaikan berat badan.

  1. Bisa Membantu Mengatasi Rasa Lapar

Banyak orang yang mengalami rasa lapar menjelang waktu tidur atau bahkan di tengah malam. Jika kita menuruti keinginan ini dan makan, bisa jadi asupan kalori menjadi berlebihan dan akhirnya membuat berat badan naik. Dengan minum susu, kita bisa mengatasi rasa lapar dan membuat kita tidak perlu makan lagi.

  1. Membantu Tubuh Tetap Berenergi

Susu bisa menyediakan energi. Meskipun kita akan tidur, bukan berarti tubuh tidak membutuhkan energi. Dengan mendapatkan energi yang cukup, maka kita pun akan mendapatkan tidur yang berkualitas dan saat bangun tubuh terasa segar dan bugar.

  1. Baik bagi Kesehatan Otot dan Tulang

Kandungan kalsium, protein, dan vitamin D bisa membuat tulang dan otot menjadi semakin sehat.

  1. Baik bagi Kesehatan Saluran Pencernaan

Susu ternyata bisa mendukung kesehatan saluran pencernaan dan mencegah masalah pada pencernaan.

 

Sumber:

  1. Sengupta, Sushmita. 2017. Should You Really Drink Milk Before Going to Bed?. ndtv.com/health/should-you-really-drink-milk-before-going-to-bed-1678489. (Diakses pada 10 Oktober 2019).