Benarkan Susu Bisa Meredakan Asam Lambung Tinggi?

susu-asam-lambung-doktersehat
Photo Source: Flickr/beije

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang cukup merepotkan dan bisa menyerang siapa saja adalah heartburn atau asam lambung tinggi. Masalah ini bisa memicu sensasi terbakar pada dada sehingga membuat kita merasakan sensasi sangat tidak nyaman. Hanya saja, benarkah jika minum susu bisa meredakan masalah kesehatan ini?

Minum Susu Bisa Meredakan Asam Lambung Tinggi

Tak hanya karena faktor riwayat kesehatan, asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan juga bisa terjadi akibat pola makan yang buruk. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat untuk meredakan dan mencegahnya.

Salah satu minuman yang disebut-sebut bisa mengatasi masalah asam lambung adalah susu. Minuman yang dikenal bisa mendukung pertumbuhan anak dan kesehatan tulang ini disebut-sebut mampu meredakan masalah asam lambung dengan efektif karena memiliki kandungan kalsium dan protein yang tinggi.

Dalam penelitian yang melibatkan sekitar 11.700 partisipan ini, dihasilkan fakta bahwa ada kaitan erat antara konsumsi kalsium dalam jumlah tinggi dan penurunan kadar asam lambung. Hanya saja, efek ini baru diketahui terjadi pada pria saja.

Kalsium dianggap bisa membuat asam menjadi lebih netral. Selain itu, mineral ini baik bagi otot dan tulang. Sebagai informasi, orang-orang yang mengalami masalah kenaikan asam lambung biasanya memiliki otot esofagus yang lemah. Otot inilah yang berperan sebagai katup yang menahan asam lambung dan isi perut naik kembali ke erongkongan.

Asupan kalsium disebut-sebut bisa membuat otot esofagus menguat hingga 40 persen. Hal ini tentu akan membuat kenaikan asam lambung bisa dicegah dengan signifikan.

Sementara itu, kandungan protein di dalam susu disebut-sebut bisa menurunkan dampak dari asam lambung tinggi. Fakta ini terungkap dalam penelitian yang melibatkan 217 partisipan yang menderita kondisi kesehatan ini.

Dalam Beberapa Kasus, Susu Justru Memicu Kenaikan Asam Lambung

Meskipun banyak orang yang merasakan manfaat kesehatan dari susu, dalam realitanya, sebagian orang justru mengalami kenaikan asam lambung setelah minum susu. Hal ini disebabkan oleh kadar lemak di dalamnya yang sangat tinggi. Keberadaan lemak inilah yang bisa membuat fungsi otot esofagus menurun.

Selain itu, jika kita mengalami masalah intoleransi laktosa, risiko terkena kenaikan asam lambung dan masalah pencernaan lainnya bisa semakin meningkat.

Hal ini berarti, kita harus mencermati kondisi tubuh kita terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk minum susu saat terkena masalah asam lambung. Jika kita merasa nyaman setelah meminumnya, maka hal ini tak apa-apa untuk dilakukan.

Minuman yang Bisa Menurunkan Asam Lambung

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa minuman yang bisa membantu menurunkan asam lambung dengan efektif.

Berikut adalah minuman-minuman tersebut.

  1. Air Kelapa

Air kelapa yang menyegarkan bisa membantu menurunkan asam lambung dengan cepat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan elektrolit dan mineral yang bisa menetralkan asam lambung. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan gula atau sirup pada minuman ini.

2. Teh Herbal

Teh herbal seperti teh chamomile hangat bisa membantu menetralkan asam lambung dengan cepat.

3. Air Putih

Asalkan porsinya tidak berlebihan, air putih bisa menetralkan asam lambung dan meredakan masalah heartburn.

4. Smoothies

Moothies dari buah atau sayuran yang tidak bersifat asam seperti jambu, sayuran hijau, pir, dan semangka bisa membantu meredakan masalah asam lambung.

Jika berbagai minuman ini tak kunjung bisa meredakan masalah asam lambung yang diderita, ada baiknya kita berkonsultasi ke dokter demi bisa mengatasinya.

 

Sumber:

  1. Malicdem, Darwin. 2017. Can Milk Help Relieve Heartburn?. medicaldaily.com/can-milk-help-relieve-heartburn-443068. (Diakses pada 28 September 2019).