Sudah menjadi rahasia umum jika susu adalah salah satu minuman yang baik bagi kesehatan. Kandungan nutrisinya bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Bahkan, pakar kesehatan menyebut rutin mengonsumsi susu rendah lemak disebut-sebut bisa membantu mencegah penuaan dini. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

susu-rendah-lemak-doktersehat

Susu Rendah Lemak Mencegah Penuaan Dini

Biasanya, susu rendah lemak dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kadar kalori di dalamnya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan susu jenis lainnya. Bahkan, pakar kesehatan menyebut susu rendah lemak juga bisa menurunkan risiko terkena stroke dan diabetes.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan hasilnya dalam Oxidative Medicine Journal menyebut susu rendah lemak mampu memperlambat penuaan, khususnya jika dikonsumsi secara rutin oleh orang dewasa. Penelitian ini dilakukan di Brigham Young Unversity.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa orang dewasa yang rutin mengonsumsinya cenderung mengalami penuaan biologis lebih lambat dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi susu dengan kadar lemak lebih dari dua persen. Hal ini sepertinya terkait dengan pengaruh nutrisi di dalam susu pada telomere, bagian ujung DNA pada manusia.

Sebagai informasi, telomere bisa memberikan peran layaknya jam biologis tubuh dan terkait dengan proses penuaan tubuh. Semakin pendek telomere pada ujung DNA, maka semakin tua usia kita. Mereka yang rutin mengonsumsi susu tinggi lemak ternyata cenderung memiliki panjang telomere lebih pendek dibandingkan dengan mereka yang rutin mengonsumsi susu rendah lemak. Perbedaan penuaan ini bahkan bisa mencapai sekitar empat tahun.

Melihat fakta ini, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk menjaga gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, tidur cukup setiap malam, dan rutin mengonsumsi susu rendah lemak demi mencegah penuaan dini serta membuat tubuh tetap bugar.

Manfaat Rutin Mengonsumsi Susu Rendah Lemak

Tak hanya bisa memperlambat penuaan, pakar kesehatan menyebut ada berbagai manfaat kesehatan lain yang bisa kita dapatkan jika rutin minum susu rendah lemak.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang menganggap susu sebagai minuman yang sebaiknya dihindari saat sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan lemak di dalamnya. Padahal, jika kita lebih cermat, bisa mengonsumsi susu rendah lemak yang tinggi vitamin D dan tidak akan mudah membuat berat badan naik mengingat kadar lemak dan kalorinya yang rendah.

  1. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Ternyata, rutin mengonsumsi susu rendah lemak bisa membantu menurunkan dan mengendalikan tekanan darah, lho. Hal ini tentu akan mencegah datangnya hipertensi, menyehatkan pembuluh darah dan jantung, sekaligus menurunkan risiko stroke dengan signifikan.

  1. Baik bagi Kesehatan Tulang

Sebagaimana susu pada umumnya, susu rendah lemak juga bisa membuat tulang terjaga kepadatan dan kekuatannya. Hal ini tentu akan membantu mencegah datangnya osteoporosis. Di dalam satu porsi susu rendah lemak, kita bisa mendapatkan sekitar 299 kalsium yang bisa memenuhi sekitar 30 persen kebutuhan kalsium harian tubuh. Kandungan vitamin D di dalamnya juga bisa menyehatkan tulang.

  1. Baik bagi Kesehatan Usus

Susu rendah lemak ternyata bisa mendukung fungsi usus agar bisa mencerna dan menggerakkan makanan dengan lebih baik. Hal ini akan membuat kita mendapatkan asupan energi dengan cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Risiko terkena masalah sembelit juga akan semakin menurun.

  1. Meningkatkan Manfaat Olahraga

Jika dikonsumsi setelah berolahraga, susu rendah lemak bisa membuat proses pembakaran kalori menjadi lebih maksimal, massa otot meningkat, dan berat badan bisa diturunkan dengan maksimal.

 

Sumber:

  1. Mullin, Gemma. 2020. Drinking low-fat milk could slow down aging process, study finds. https://nypost.com/2020/01/17/drinking-low-fat-milk-could-slow-down-aging-process-study-finds// (Diakses pada 23 Januari 2020).