Benarkah Susu Kental Manis Tidak Aman untuk Dikonsumsi?

kandungan-susu-kental-manis-doktersehat

DokterSehat.Com– Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru-baru ini mengeluarkan sebuah pernyataan mengejutkan. Melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh badan ini, disebutkan bahwa susu kental manis yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya anak-anak ini tidak lagi dianggap sebagai susu.

Lantas, apakah hal ini berarti susu kental manis tidak aman untuk dikonsumsi?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa susu kental manis kaya akan kandungan gula sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka kita pun akan lebih rentan terkena kenaikan berat badan atau bahkan diabetes. Karena alasan inilah susu kental manis sangat tidak disarankan untuk dijadikan bahan makanan utama yang sering dikonsumsi.

Hal ini berarti, susu kental manis tidak bisa kita jadikan pengganti minuman susu yang sering dikonsumsi oleh anak-anak, apalagi jika susu kental manis ini juga masih diberi tambahan gula. Susu kental manis sebaiknya hanya digunakan sebagai tambahan pada saat membuat kue, martabak manis, atau pada minuman kopi.

Jika kita mengonsumsi susu kental manis sebagai tambahan pada makanan atau minuman tersebut dengan jumlah yang tidak berlebihan, maka kita pun tidak akan mendapatkan dampak buruk bagi kesehatan.

Semua produk susu kental manis yang beredar di pasaran pastilah sudah lulus uji BPOM sehingga bisa dipastikan aman untuk dikonsumsi. Hanya saja, konsumsi susu kental manis tentu saja harus sesuai dengan nutrisi dan fungsinya.

Karena alasan ini pulalah susu kental manis memang tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan, apalagi secara rutin dalam jumlah yang banyak.

Alih-alih mengonsumsi susu kental manis, ada baiknya kita mengonsumsi susu jenis lainnya yang jauh lebih sehat dan aman, khususnya susu segar yang masih kaya akan kandungan gizi.