Terbit: 13 Januari 2021
Ditulis oleh: Pamella Fricylia | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Perkembangan janin dan nutrisi calon Mama sangat penting dan dapat dilengkapi dengan mengonsumsi susu untuk ibu hamil. Perlu diketahui bahwa susu ibu hamil adalah susu khusus yang dilengkapi kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan Mama dan janin.

Susu Ibu Hamil: Manfaat, Kebutuhan Nutrisi, dan Susu Rekomendasi

Minum susu hamil juga bisa membantu bumil yang mengalami morning sickness yang berakibat tidak napsu makan. Faktanya, setiap wanita yang tengah mengandung membutuhkan beragam asupan nutrisi yang lebih banyak, termasuk vitamin dan mineral.

Manfaat Susu Ibu Hamil

Jika dikonsumsi secara rutin, ada banyak manfaat minum susu hamil bagi Mama dan janin. Dikutip dari Firstcry Parenting yang telah ditinjau oleh Dr. Rima Sonpal selaku dokter spesialis ginekologi, beberapa manfaat tersebut terdiri dari:

  • Membantu meningkatkan pertumbuhan janin dan bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 ketika si Kecil beranjak dewasa.
  • Membantu perkembangan sistem saraf si kecil karena kaya akan protein, asam amino, dan asam lemak.
  • Membantu pembentukan dan perkembangan tulang bayi.
  • Kandungan yodium dalam susu terbukti dapat meningkatkan perkembangan otak janin dan meningkatkan IQ si Kecil.
  • Bertindak sebagai antasid efektif yang dapat membantu meredakan mulas dan penyakit lambung saat hamil.
  • Menurunkan risiko penyakit multiple sclerosis, rakitis neonatal, dan osteoporosis.

Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Seperti yang telah dijelaskan di awal, kebutuhan nutrisi saat hamil jadi 2x lebih banyak daripada biasanya. Berikut ini daftar nutrisi yang perlu dipenuhi ibu hamil:

1. Protein

Asupan protein yang dianjurkan selama kehamilan adalah 60 gram/hari. Fungsi protein mampu membantu perkembangan janin, termasuk jaringan tubuhnya. Beberapa sumber protein bisa didapatkan dari susu ibu hamil, tahu, tempe, daging, dan masih banyak lagi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

2. Asam Folat

Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B yang terbentuk secara alami. Asam folat terdapat di sebagian besar suplemen vitamin dan fortifikasi makanan. Berdasarkan Food and Drug Administration, makanan yang difortifikasi yaitu roti, sereal, dan pasta. Kemudian untuk sumber makanan kaya folat adalah buah jeruk, sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, dan hati.

Kebutuhan folat saat hamil meningkat karena sel-sel membelah dengan cepat terkait dengan pertumbuhan janin. Kekurangan folat bisa mengakibatkan anemia megaloblastik pada kehamilan, namun tidak akan berdampak pada kelahiran prematur atau lahir mati.

3. Zat Besi

Kebutuhan zat besi saat hamil meningkat hampir dua kali lipat. Hal ini dibutuhkan untuk mencegah anemia saat hamil karena jika sampai terjadi, maka berisiko bayi lahir prematur. Makanan kaya zat besi terdiri dari daging merah, ikan, dan telur.

4. Vitamin D

Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dan menjaga daya tahan tubuh Mama hamil. Berdasarkan penelitian, mendapatkan vitamin D yang cukup selama kehamilan dapat menurunkan risiko bayi terkena alergi. Sumber vitamin D yaitu telur, ikan, kuning telur, dan keju.

5. Vitamin A

Konsumsi vitamin A sangat penting untuk menunjang perkembangan organ tubuh janin, seperti tulang belakang, jantung, mata, dan telinga. Vitamin ini juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin A bisa didapatkan melalui susu ibu hamil atau bisa juga melalui brokoli, wortel, bayam, dan ubi.

Rekomendasi Susu Hamil yang Mampu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Susu yang baik untuk ibu hamil adalah susu yang mengandung nutrisi lengkap, sehingga bagus untuk Mama dan juga si kecil. Jangan lupa juga untuk memilih susu rendah sukrosa untuk mengontrol gula darah selama kehamilan.

Susu hamil yang direkomendasikan yaitu Lactamil ACTIDuobio+ yang cocok dari  masa persiapan/awal kehamilan, selama hamil, hingga menyusui si Kecil. Pilihan produknya terdiri dari:

  • Lactamil Inisis untuk mendukung nutrisi Mama sejak awal program kehamilan dan membantu mengurangi mual pada trimester 1.
  • Lactamil Pregnasis untuk pemenuhan nutrisi selama kehamilan
  • Lactamil Lactasis untuk melengkapi nutrisi saat Mama menyusui si Kecil

Susu ini diformulasikan khusus untuk mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi Mama dan si Kecil. Selain itu, Lactamil juga rendah sukrosa dan memiliki rasa yang enak. Kandungan nutrisi susu Lactamil terdiri dari:

  • Tinggi vitamin D3 dan Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Tinggi vitamin B9 (Asam Folat) dan Omega 6 untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir si Kecil.
  • Tinggi zat besi dan sumber protein untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mikro Mama dan si Kecil.

Penuhi kebutuhan nutrisi Mama dan si Kecil dengan mengonsumsi makanan bergizi dan susu Lactamil 2x sehari. Temukan informasi lengkap mengenai pemenuhan nutrisi dan produk Lactamil di sini!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi