Susu atau Yoghurt yang Baik untuk Diet?

DokterSehat.Com– Susu merupakan salah satu minuman yang mengandung kalsium dan protein tinggi sehingga sangat baik jika dikonsumsi secara teratur setiap hari. Kandungan kalsium pada susu juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kepadatan tulang agar terhindar dari masalah tulang keropos.

Selain susu, ada produk olahan lain yang juga dihasilkan oleh susu sapi, yakni yoghurt. Yoghurt juga memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Kandungan bakteri baik dalam yoghurt bisa membantu melancarkan pencernaan sehingga terhindar dari masalah pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit, dan sebagainya.

Mengingat manfaat penting dari ke dua produk tersebut, manakah yang paling bagus dikonsumsi saat diet?

Jika ditelisik berdasarkan kandungan yang dimiliki oleh keduanya, Anda bisa menentukan mana yang terbaik dikonsumsi saat diet. Dilihat dari kandungan kalori, secangkir susu tanpa lemak mengandung sekitar 82 kalori dan 12 gram gula, sementara yoghurt mengandung 230 kalori dan 47 gram gula. Sehingga, terlihat di sini bahwa yogurt mengandung lebih banyak kalori dan gula dibanding dengan susu tanpa lemak.

Sementara berdasarkan kandungan protein yang dimiliki, secangkir yoghurt mengandung 14 gram protein, sedangkan susu mengandung 8,5 gram. Selain itu, baik susu maupun yoghurt sama-sama mengandung vitamin B-2 dan B-12 yang bagus untuk tubuh. Jadi, dalam urusan vitamin, mereka berdua sama kandungan dan khasiatnya.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa susu maupun yoghurt sama bagus jika dikonsumsi saat diet. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi produk dengan kandungan kalori dan gula yang rendah, Anda bisa memilih susu tanpa lemak. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan Anda untuk mengonsumsi susu dan yoghurt secara bergantian.

Misalnya Anda mengonsumsi susu di pagi hari, lantas Anda pun bisa mengonsumsi yoghurt di siang hari. Sebab, keduanya sama-sama baik dan aman dikonsumsi saat diet.