Susah BAB? Jangan Makan Gorengan Dulu

gorengan-doktersehat
Photo Source: Twitter.com/infobdg

DokterSehat.Com– Sembelit atau susah buang air besar adalah kondisi kesehatan yang cukup merepotkan. Bagaimana tidak, perut bisa terasa tidak nyaman namun kita tidak mampu mengeluarkan kotoran meski sudah berkali-kali memasuki toilet. Menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita mengubah pola makan menjadi lebih sehat saat terkena masalah sembelit sehingga diharapkan bisa membantu kotoran untuk keluar dengan lebih lancar. Kita juga sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan tertentu. Salah satunya adalah gorengan.

Gorengan dikenal luas sebagai camilan yang digemari oleh hampir semua orang di Tanah Air. Rasanya yang enak dan renyah, harganya yang murah, serta mudah untuk didapat membuat kita bisa saja mengonsumsinya setiap hari. Sayangnya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak sering mengonsumsinya, apalagi jika kita sedang mengalami diare atau sembelit. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak di dalam gorengan yang sangat tinggi sehingga bisa memicu peradangan pada saluran pencernaan yang tentu akan membuat masalah sembelit menjadi semakin parah. Selain itu, kandungan lemak jahat di dalam gorengan jika terlalu sering dikonsumsi juga bisa menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Saat terkena sembelit, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi susu atau produk turunannya seperti keju dan mentega. Hal ini disebabkan oleh kemampuan susu dalam membuat sindrom iritasi usus menjadi semakin parah. Jika kita mengalami diare, ada baiknya kita juga tidak mengonsumsi minuman yang dikenal kaya nutrisi ini karena kandungan laktosa di dalamnya bisa memperparah diare.

Minuman berkafein seperti kopi, teh, minuman bersoda, serta minuman berenergi ternyata juga bisa membuat sembelit atau diare menjadi semakin parah. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kafein dalam memperparah kondisi kesehatan pencernaan.

Saat mengalami sembelit, ada baiknya kita juga tidak mengonsumsi makanan olahan dan memiliki bahan pengawet seperti nugget dan sosis, serta makanan cepat saji. Makanan-makanan ini tinggi kandungan lemak dan zat-zat berbahaya yang tidak sehat. Selain itu, kita juga sebaiknya menghindari minuman beralkohol karena minuman ini mampu memicu peradangan ekstrem di usus.