Terbit: 7 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kuku yang kuat dan berkilau adalah tanda dari kecantikan dan kesehatan. Tetapi kita melupakan fakta bahwa kuku juga butuh nutrisi. Berikut ini, dilansir dari Top 10 Home Remedies, makanan-makanan yang super, yang baik untuk kulit Anda.

Superfood untuk Memiliki Kuku yang Sehat

1. Kacang Polong

Kacang adalah sumber biotin yang baik, sejenis vitamin B yang mencegah kerusakan kuku dan sangat penting untuk kesehatan kuku secara keseluruhan. Bahkan kekurangan biotin yang ringan dapat menyebabkan kekeringan pada kuku dan memperlambat pertumbuhan kuku. Itu juga bisa menyebabkan kuku menjadi gelap.

Jenis kacang yang bisa Anda makan secara teratur adalah kacang hijau, kacang merah, kacang putih, kacang pinto.

2. Biji Labu

Biji labu mengandung seng, nutrisi yang membantu sistem kekebalan berfungsi dengan baik dan memainkan peran penting dalam membentuk jaringan ikat. Zinc juga mengatur kemampuan tubuh untuk membuat protein baru yang pada akhirnya menjadi blok kuku yang sehat.

3. Brokoli

Brokoli memberi tubuh Anda zat besi yang sangat dibutuhkan, komponen penting lainnya untuk kuku yang sehat. Besi adalah elemen penguat yang memperkaya sel-sel darah merah dan meningkatkan tingkat oksigen jaringan, terutama pada kuku yang mudah patah dan berwarna pucat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Kurangnya zat besi dapat menyebabkan kuku tumbuh dengan tonjolan, alih-alih permukaan yang halus. Anda bisa makan brokoli mentah atau dimasak.

4. Susu

Kandungan kalsium yang tinggi dalam susu memperkuat kuku dan membuat kuku tumbuh lebih cepat. Cobalah minum setidaknya satu gelas susu setiap hari. Telah ditemukan bahwa kekurangan kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh dan kering.

Untuk memungkinkan tubuh menyerap kalsium sepenuhnya, minumlah susu Anda dengan makanan yang kaya vitamin D seperti telur, jamur, dan lainnya.

Membaca artikel ini, semoga Anda bisa pelan-pelan menerapkan pola hidup yang sehat, terutama menu-menu atau jenis makanan yang dipilih untuk keseharian.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi