11 Makanan Superfood yang Terbukti Super Sehat untuk Tubuh!

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengar tentang superfood? Dari namanya saja, kita tentu tahu bahwa makanan yang termasuk dalam superfood adalah makanan yang super akan kandungan gizinya.

Ya, superfood memang merupakan bahan makanan yang padat akan kandungan gizi, mulai dari vitamin, mineral dan fitonutrien yang penting untuk tubuh.

Makanan superfood, umumnya merupakan makanan yang berasal dari bahan makanan alami yang masih segar atau dengan sedikit pengolahan.

Penasaran apa saja sih makanan yang termasuk dalam superfood yang super sehat untuk tubuh? Berikut 11 makanan superfood menurut pakar gizi dan kesehatan Kerri Ann Jennings:

1. Oatmeal

doktersehat-oatmeal-gizi
Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

Oatmeal menjadi makanan super karena memiliki kandungan serat larut air dalam jumlah yang cukup besar, yaitu 3 gram dalam satu saji. Hal ini akan mendukung berkurangnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Oatmeal juga cukup mudah dan cocok diolah dalam berbagai sajian. Pastikan Anda tidak menambahkan berbagai pemanis atau bahan tambahan kemasan saat mengonsumsi oatmeal, ya.

2. Kale

Daun-kale-doktersehat-1024Pernah mencoba kale? Sayuran berdaun hijau gelap, mirip bayam, ini ternyata termasuk superfood karena lengkap kandungan vitamin dan fitonutriennya.

Mulai dari kandungan vitamin A, vitamin K, lutein dan zaeaxanthin yang akan sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan tulang. Kale juga merupakan jenis sayur yang cukup kaya cita rasa.

3. Kacang almond

Manfaat-minyak-almond-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/HealthAlicousNett – HealthAliciousNess.com

Dibandingkan jenis kacang lainnya, kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang super sehat. Mengapa?

Dalam 1 porsi saji kacang almond, setara 6-8 sendok makan kacang almond, Anda dapat memenuhi 37% kebutuhan vitamin E harian orang deasa. Selain itu, kacang almond juga banyak mengandung kalsium, serat, asam folat dan antioksidan jenis flavonoid.

4. Teh

Minuman yang paling banyak digemari ini memang ternyata super sehat untuk tubuh. Teh, utamanya teh hijau dan teh hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Jenis kandugan antioksidan yang ada pada teh mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Jeruk

manfaat-jeruk-untuk-rambut-doktersehat-1
Photo Credit: Peels.com

Jeruk menjadi buah yang termasuk dalam superfood, karena seperti yang sering kita dengar, kandungan vitamin C yang ada pada buah sangat tinggi.

Tidak hanya itu, buah jeruk juga memiliki kandungan serat total dan cairan yang baik untuk pencernaan dan hidarasi tubuh. Kandungan beta karoten pada jeruk juga mampu mendukung fungsi penglihatan dengan optimal.

6. Ikan tuna

Ikan tuna termasuk superfood karena memiliki kandungan omega 3 yang disebut paling tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan otak dan jantung.

Pedoman kesehatan dan gizi Amerika, bahkan menganjurkan kita untuk mengonsumsi ikan tuna paling tidak 2 kali dalam seminggu.

7. Selai kacang

masker-wajah-doktersehatBingung memilih jenis selai yang sehat untuk konsumsi harian? Pilihlah selai kacang!

Selai kacang mengandung lemak baik, vitamin E dan zink yang baik untuk tubuh. Utamakan memilih selai kacang alami agar penggunaan lemak trans atau gulanya tidak berlebihan.

8. Telur

Telur termasuk superfood karena dalam ukuran yang kecil, telur mampu memberikan 4 gram protein, vitamin D, lutein, zeaxanthin dan padat kalori. Hal ini membuat telur mampu memberikan asupan gizi yang baik dan mendukung kesehatan tulang dan fungsi penglihatan.

9. Apel

doktersehat-apelApel memiliki keunggulan berupa manfaatnya untuk kesehatan jantung. Hal ini disebabkan kandungan serat yang tinggi dan lengkap pada apel, serta padatnya jenis antioksidan yang ada pada apel.

10. Wortel

Wortel bukan hanya superfood untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin A-nya yang tinggi, namun juga memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan tulang dan fungsi kekebalan pada tubuh.

11. Kubis

Photo Credit: flickr.com/Rob Bertholf

Superfood yang terakhir adalah kubis. Sayuran golongan cruciferous, termasuk kubis, terbukti mampu menurunkan risiko kanker, kaya akan vitamin C, K dan serat.

Kubis merah atau ungu dilengkapi dengan antioksidan jenis antosianin yang mendukung kesehatan jantung dan otak.