Superfood untuk Mengatasi Rambut Rontok

superfood-atasi-rambut-rontok-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/ Malidate Van

DokterSehat.Com– Rambut rontok merupakan masalah tersendiri yang disebabkan salah satunya oleh asupan nutrisi yang buruk. Dilansir dari Top 10 Home Remedies, berikut ini merupakan makanan-makanan tergolong super food, yang bagus untuk mencegah atau membantu mengatasi rambut rontok.

1. Telur

Protein adalah komponen penyusun utama bagi rambut, jadi Anda perlu mengonsumsi makanan berbasis protein seperti telur untuk menjaga rambut tetap sehat. Selain protein, telur adalah sumber biotin yang baik dan vitamin B lainnya yang dapat membantu mengendalikan kerontokan rambut.

Untuk manfaat maksimal, konsumsi putih telur sekaligus kuning telur. Putih telur, mengandung protein yang mendorong penyerapan protein dalam tubuh. Cobalah makan satu butir telur setiap hari atau dua hari sekali. Anda bisa makan orak-arik, goreng atau telur rebus, tergantung pada preferensi Anda.

2. Ikan Salmon

Salmon adalah jenis ikan berlemak yang baik untuk otak, pembuluh darah, kulit dan juga rambut Anda. Salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 sangat baik yang mendorong pertumbuhan rambut. Ikan Salmon juga mengandung protein bersama dengan vitamin B, B12, dan vitamin dan mineral lainnya.

Untuk mencegah rambut rontok, penting untuk makan salmon setidaknya dua kali seminggu. Ikan berlemak lain yang dapat Anda makan untuk mencegah kerontokan rambut adalah ikan herring, sarden, trout, dan mackerel.

3. Daging Sapi

Tubuh membutuhkan protein untuk menghasilkan rambut berkualitas. Daging sapi mengandung sejumlah protein, vitamin B, zat besi dan seng. Daging sapi tanpa lemak bisa dimakan dua atau tiga kali seminggu untuk pertumbuhan rambut yang optimal.

Perbanyak makan superfood, yang mengandung protein, lalu rasakan perbedaannya pada rambut Anda. Selain memang bagus untuk bantu mengatasi rambut rontok, mengonsumsi protein dalam jumlah cukup juga bagus untuk proses diet, sebab protein dapat membuat perut kenyang dalam waktu lama.