Terbit: 3 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sup merupakan salah satu makanan sehat yang cukup direkomendasikan untuk orang yang sedang menjalankan program diet. Sup sendiri biasanya dibuat menggunakan campuran bahan alami, seperti wortel, kacang, kubis, bawang, dan sebagainya.

4 Jenis Sup untuk Membantu Program Diet

Sup memang cocok dikonsumsi pagi hari untuk sarapan bagi yang sedang diet. Sebab, sup bisa memberi rasa kenyang tanpa memberikan kalori berlebih untuk tubuh. Sehingga di siang hari, Anda akan terhindar dari rasa lapar yang berlebihan.

Nah, ketika mengonsumsi sup setiap hari, tentu saja Anda akan merasa bosan, bukan? Untuk mengatasi kebosanan itu, Anda bisa mencoba beberapa jenis sup di bawah ini.

1. Jus Tomat

Biasanya, tomat dijadikan bumbu atau bahan tambahan dalam membuat sup. Kali ini, Anda bisa mencoba membaliknya. Buatlah sup yang memiliki komposisi tomat lebih banyak. Bukan berarti harus berisi tomat semua, tapi juga bahan lainnya. Hanya saja, jumlah tomatnya diisi lebih banyak daripada bahan lain.

2. Sup Ayam

Kalau sup yang satu ini memang sudah cukup familiar bagi kita semua. Sup ayam bisa dikonsumsi tanpa harus menggunakan nasi. Sebab, daging ayam kaya akan protein yang bisa memberikan cadangan energi bagi Anda. Cocoknya, supa ayam ini dikonsumsi pada pagi hari. Agar lebih maksimal, gunakan teh hijau sebagai pendamping sup ayam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

3. Sup Kacang

Jenis sup lainnya yang bisa Anda coba adalah sup kacang-kacangan. Anda bisa memasukkan berbagai macam kacang di dalam sup, misalnya kacang panjang, kacang polong, dan sebagainya. Seperti diketahui, kacang juga kaya akan karbohidrat yang bisa membuat Anda menjadi lebih kenyang sehingga terhindar dari keinginan untuk ngemil di siang hari.

4. Sup Rumput Laut

Pernahkah Anda mengonsumsi sup rumput laut? Jika belum, maka Anda harus mencoba menu baru yang satu ini. Sebab, selain rasanya yang nikmat, sup rumput laut kaya akan manfaat bagi yang sedang diet, terutama memberi rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu, sup rumput laut juga bisa melancarkan pencernaan Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi