Sup Ceker Ayam Bisa Bikin Kolesterol Naik?

ceker-ayam-doktersehat
Photo Source: Twitter/me_ricarica

DokterSehat.Com– Salah satu bagian dari ayam yang digemari oleh sebagian orang Indonesia adalah ceker ayam. Rasa dari ceker ayam disebut-sebut sangat nikmat, apalagi jika dijadikan sup. Sayangnya, ada kekhawatiran bahwa terlalu sering mengonsumsi ceker ayam, termasuk yang dijadikan sup bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan, khususnya dalam hal meningkatkan kadar kolesterol tubuh. Sebenarnya, apakah memang ceker ayam bisa memberikan efek kesehatan ini?

Pakar kesehatan menyebut kolesterol tidak sepenuhnya buruk bagi kesehatan. Asalkan kadarnya di dalam tubuh normal, kita justru bisa mendapatkan manfaat seperti mendukung pembentukan membran sel, pembentukan asam empedu dan beberapa jenis hormon, serta berperan besar dalam produksi vitamin D. Sayangnya, jika kadar kolesterol di dalam tubuh terlalu banyak, maka akan terjadi penumpukan plak di pembuluh darah yang berimbas pada atherosklerosis atau pengerasan pembuluh darah yang berbahaya.

Lantas, apakah mengonsumsi ceker ayam juga bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kandungan kolesterol di dalam sup ceker ayam ternyata tidak tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi. Bahkan, sebenarnya nutrisi di dalam ceker ayam bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Di dalam ceker ayam terdapat kandungan glukosamin dan kondroitin yang merupakan senyawa alami yang bersifat anti peradangan. Senyawa ini sangatlah bermanfaat bagi penderita penyakit radang sendi. Selain itu, di dalam ceker ayam juga tinggi kandungan kolagen yang sangat baik bagi kesehatan tekanan darah dan kulit. Di dalam ceker ayam juga kaya akan kandungan hidroksiapatit yang bisa menurunkan risiko osteoporosis dengan efektif.

Alih-alih mengkhwatirkan ceker ayam, pakar kesehatan justru menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan kolesterol seperti daging sapi, daging babi, daging domba, jeroan, dan makanan laut dengan berlebihan. Makanan yang diolah dengan cara digoreng di dalam minyak yang sangat banyak seperti gorengan juga sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering karena bisa memicu peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Melihat adanya fakta ini, tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi sup ceker ayam. Tak hanya enak, banyak manfaat kesehatannya.