DokterSehat.Com – Apakah Anda seorang wanita hamil yang memutuskan untuk melahirkan secara caesar? Pastinya Anda akan menerima suntik epindural saat melahirkan bayi nanti. Apa sih pengertian dari suntik epindural? Mengandung zat apa saja? Apakah betul-betul bermanfaat? Adakah efek sampingnya dan apa saja itu?

manfaat-suntik-epindural-doktersehat

Mungkin beberapa pertanyaan seputar suntik epindural tersebut telah membuat Anda penasaran bahkan gelisah untuk menemukan jawabannya. Belum lagi informasi yang didapat tentang suntik epindural adalah informasi yang tidak tepat.

Namun, Anda tak perlu gelisah dan khawatir. Hentikan kegelisahan Anda dan mulailah membaca informasi bermanfaat ini untuk menemukan jawaban yang Anda ingin ketahui. Baca terus untuk mengetahui pengertian, manfaat, dan efek samping suntik epindural.

Suntik epindural adalah ..

Suntik epindural adalah sebuah jenis anestesi atau pembiusan lokal yang dilakukan dengan cara menyuntikkan titik ruang epindural dekat tulang belakang. Pembiusan lokal hanya dilakukan pada bagian tubuh tertentu saja.

Tujuan dari suntik epindural adalah untuk menghilangkan rasa sakit di daerah tertentu. Hal ini bisa terjadi karena epindural membuat impuls saraf dari tulang belakang bawah terblokir sehingga bagian tubuh tersebut kehilangan perasaan dan sensasi.

Dokter yang melakukan suntik epindural adalah dokter spesialis anestesi. Meskipun jarang, wanita yang melahirkan normal juga ada kemungkinan mendapat suntikan epindural apabila sudah benar-benar tidak sanggup lagi menahan rasa sakit karena pembukaan.

Kandungan epindural

Suntik epindural bukanlah suntikan yang terdiri dari satu jenis obat saja melahirkan kombinasi dari epindural dan opioid. Epindural terdiri dari bupivacaine, levobupivacaine, atau ropivacaine. Sedangkan opioid terdiri dari fentanyl, diamorphine, morfin, dan sufentanil.

Epindural berupa lidocaine dan kloroprocaine tidak digunakan lagi. Hal ini dikarenakan waktu aksi untuk kloroprocaine terlalu pendek dan dosis lidocaine yang berulang akan menyebabkan Tachyphylaxis.

Namun, Anda jangan merasa khawatir dengan kombinasi dari beberapa jenis epindural yang ada di dalam suntik epindural. Kombinasi epindural dan opioid ini dapat bekerja sangat efektif apabila dikerjakan dengan cara yang benar.

Manfaat suntik epindural

Suntik epindural ternyata memiliki beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui sebelum melahirkan dengan cara caesar. Informasi terkait manfaat suntik epindural adalah informasi yang berguna bagi Anda pada saat hari melahirkan nanti. Simak informasi tentang manfaat suntik epindural di bawah ini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat suntik epindural:

1. Penghilang rasa sakit yang sangat efektif

Suntik epindural yang terdiri dari kombinasi epindural dan opioid dapat menghilangkan rasa sakit dengan sangat efektif selama persalinan berlangsung. Sebagian besar wanita tidak merasakan rasa sakit sedikitpun. Hal ini memberikan suasana yang nyaman saat proses persalinan berlangsung.

2. Memiliki pengalaman melahirkan yang positif

Akibat dari efek hilangnya rasa sakit, maka para wanita tidak memiliki ketidaknyamanan selama melahirkan. Suasana nyaman tanpa rasa sakit sedikitpun membuat para wanita memiliki pengalaman proses persalinan yang positif.

3. Memudahkan tim medis memberikan yang terbaik

Suntik epindural memudahkan dokter spesialis anestesi atau perawat anestesi dalam melakukan pengontrolan efek samping suntik epindural. Pengontrolan efek samping bisa dilakukan dengan menyesuaikan jenis, jumlah, dan kekuatan obat epindural dan opioid.

4. Bersifat lokal

Suntik epindural bersifat lokal atau regional yakni hanya menghilangkan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu yang akan dilakukan tindakan bedah. Efek positif dari suntik epindural yang bersifat lokal membuat Anda tetap terjaga selama proses persalinan. Anda tetap bisa melihat detik demi detik bayi Anda terlahir.

Baca juga: Inilah 4 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Dibius Total

5. Bisa mengatasi kelelahan

Tidak seperti jenis anestesi yang lain, suntik epindural bisa membantu Anda untuk mengatasi kelelahan. Suntik epindural memungkinkan Anda untuk beristirahat dan bersantai saat menanti proses persalinan yang panjang.

Efek samping suntik epindural

Tak dapat dipungkiri bahwa suntik epindural memiliki efek samping. Penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang menjadi efek samping suntik epindural sehingga Anda bisa menyadari hal itu dan melakukan tindakan tepat.

Berikut ini adalah efek samping suntik epindural:

1. Tekanan darah turun

Suntik epidural dapat menyebabkan tekanan darah turun sehingga Anda akan merasa pusing dan mual. Oleh karena itu, tekanan darah Anda akan diperiksa secara rutin untuk membantu memastikan aliran darah yang cukup ke bayi Anda. Jika ada penurunan tekanan darah mendadak, Anda akan diberikan cairan IV, obat-obatan, dan oksigen.

2. Adanya efek ketidaknyamanan secara fisik

Anda tidak perlu heran apabila setelah mendapat suntik epindural, Anda akan memiliki beberapa ketidaknyamanan fisik. Ketidaknyamanan yang akan Anda rasakan seperti sakit kepala, mual, nyeri punggung, demam, sakit telinga, dan sulit buang air kecil.

3. Bayi sulit menyusui

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa bayi akan mengalami kesulitan dalam perlekatan yang menyebabkan kesulitan menyusui. Penelitian lain menunjukkan bahwa bayi Anda ada kemungkinan mengalami depresi pernafasan dan peningkatan variabilitas detak jantung janin.

4. Susah bergerak

Selama beberapa jam setelah kelahiran, Anda akan merasakan kelemahan pada otot kaki bahkan seperti mati rasa. Hal ini membuat Anda menjadi susah bergerak dan memerlukan bantuan orang lain.

Baca juga: Kapan Aktivitas Seks Bisa Dilakukan Setelah Operasi Caesar

 

5. Peluang infeksi

Suntik epindural mengharuskan Anda untuk dipasangkan kateter. Hal ini membuat adanya peluang infeksi di sekitar kulit di mana kateter dimasukkan. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsultasikannya kepada dokter Anda untuk mencegah infeksi lebih parah lagi.