Terbit: 30 November 2018
Ditulis oleh: Pamella Fricylia | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Musim liburan telah tiba. Apakah Anda telah mempersiapkan liburan akhir tahun ini? Banyak seseorang yang memutuskan liburan tanpa memerhatikan bahaya sinar UV untuk kulit. Selain bisa membuat lebih gelap dan perih, ternyata bisa memicu kanker juga. Sebaiknya gunakan pelindung kulit berupa sunblock untuk mencegah bahaya sinar UV seperti produk Banana Boat Sunscreen.

Sunscreen untuk Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV

Khusus bagi Anda yang berencana mengunjungi pantai dan daerah tropis, tentu memerlukan perlindungan ekstra untuk kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membakar kulit kita dan membuat aktivitas liburan menjadi tidak nyaman.

Bahaya Sinar UV untuk Kulit

Ada tiga jenis sinar UV yang dikenal saat ini, yaitu sinar UVA, UVB, dan UVC. Perlu diketahui bahwa 95 persen dari total radiasi sinar UV berasal dari sinar UVA. “A” pada UVA berasal dari kata aging. Itulah mengapa UVA bertanggung jawab atas timbulnya keriput dan tanda penuaan lainnya pada kulit.

Selanjutnya, 5 persen radiasi UV lainnya disebabkan oleh paparan sinar UVB. Kata “B” pada UVB berarti burning. UVB inilah yang menjadi penyebab seseorang mengalami sunburn saat bermain di pantai ataupun kolam renang. Perlu diketahui juga bahwa ada manfaat sinar UVB untuk tubuh. Manfaat UVB adalah merangsang tubuh memproduksi vitamin D yang diperlukan tulang, sehingga penyerapan kalsium jadi lebih maksimal.

Jenis sinar UV yang terakhir adalah UVC. Untungnya, UVC tidak dapat menembus lapisan ozon bumi karena UVC adalah tipe sinar UV yang paling berbahaya bagi tubuh manusia. Meskipun demikian, UVC dapat dihasilkan oleh obor las dan lampu merkuri.

Radiasi Sinar UV Menyebabkan Kanker Kulit

Seperti yang telah diketahui, sumber utama sinar UV adalah matahari. World Health Organization (WHO) mengategorikan bahwa sinar UV sebagai karsinogen berbahaya. Karsinogen adalah zat ataupun senyawa yang berpotensi membentuk sel kanker dalam tubuh manusia.

Fakta mengejutkan lainnya adalah bahaya sinar UVB ternyata dapat menyebabkan kanker kulit. Walaupun komposisinya hanya 5 persen dari seluruh total radiasi, ternyata sinar UVB jauh lebih berbahaya dari sinar UVA.

Bahaya Radiasi Sinar UV Lainnya

Selain sunburns dan kanker kulit, masih ada bahaya radiasi sinar UV lainnya. Salah satu bahaya yang paling umum adalah perubahan warna kulit atau tanningTanning adalah sebuah proses dimana kulit berubah warna menjadi lebih gelap. Hal yang menyebabkan warna kulit menjadi gelap adalah pigmen alami yang bernama melanin.

Melanin diproduksi oleh tubuh untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Semakin banyak terpapar sinar matahari, produksi melanin akan semakin meningkat, dan warna kulit kita akan menjadi lebih gelap.

Radiasi UV juga telah diketahui secara umum menyebabkan penuaan dan keriput pada kulit. Kolagen pada kulit dapat rusak akibat radiasi UV. Berkurangnya kolagen pada kulit dapat mengurangi elastisitas dan kekencangan kulit. Kulit yang tidak elastis menyebabkan kulit tidak dapat kembali ke posisi asalnya, itulah awal mula garis-garis halus yang lama-kelamaan berubah menjadi keriput pada kulit.

Tidak hanya pada kulit, bahaya radiasi sinar UV juga sangat buruk bagi mata. Sinar UVB dapat menyebabkan fotokeratitis. Fotokeratitis adalah kondisi dimana mata terasa sakit dan terbakar akibat paparan sinar UVB. Mata yang terpapar radiasi sinar UV terus menerus dapat mengalami kerusakan retina dan degenerasi makular. Degenerasi makular adalah kondisi dimana menurunnya penglihatan yang dapat menuju pada kebutaan.

Sunscreen untuk Mencegah Bahaya Sinar UV

Salah satu cara mencegah serangan radiasi sinar UV adalah dengan menggunakan produk sunscreen atau sunblock. Produk ini dapat melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari, sehingga menjadi cara melindungi kulit dari sinar UV yang tergolong sangat efektif.

Salah satu produk sunblock yang dapat menjadi pilihan adalah Banana Boat Ultra Protect Ultramist SPF50. Kandungan yang ada di dalamnya sudah terbukti mampu melindungi lapisan kulit dari paparan bahaya sinar UV.

Banana Boat memiliki varian produk yang beragam yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Terdapat juga dalam bentuk lotion, yaitu Banana Boat Ultra Protect SPF50.

Produk Banana Boat Sun Protection menggunakan teknologi AvoTriplex yang terbukti aman dan telah dipatenkan. Teknologi ini telah diuji FDA (United States Food and Drug Administration) dan terbukti dapat memberikan perlindungan kulit dari sinar UVA dan UVB lebih baik dan lebih lama.

Segera lindungi kulit Anda dengan produk Banana Boat Ultra Protect Ultramist SPF50. Dapatkan produk asli Banana Boat Sunscreen yang asli dengan harga terjangkau hanya di Farmaku!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi