Inilah 4 Makanan Sumber Nabati untuk Vegetarian

doktersehat makanan cepat hamil

DokterSehat.Com– Memutuskan diri untuk menjadi seorang vegetarian memang sebuah sebuah pilihan yang berat. Sebab, bagaimanapun juga, ketika sudah menjadi seorang vegetarian, maka kita harus merubah pola hidup, terutama pola makan secara signifikan. Yang mulanya bebas mengonsumsi makanan apapun, berubah menjadi seseorang yang hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan alami, seperti sayuran dan buah-buahan.

Selain itu, menjadi seorang vegetarian memang harus kuat menahan godaan. Kadang kala, rasa makanan yang dikonsumsi memanglah tak senikmat makanan pada umumnya. Kemudian, seringkali orang yang menerapkan pola hidup vegetarian merasakan lemas akibat kurangnya asupan daging ataupun protein di dalam tubuh.

Maka dari itu, ada baiknya seorang vegetarian mengetahui beberapa makanan berikut ini yang kaya akan protein nabati.

1. Bayam

Bayam menjadi salah satu pilihan penting ketika seseorang memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian. Sebab, bayam dipercaya kaya akan proteinnya yang bisa memberikan cadangan energi pada tubuh. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A, vitamin K, dan kalsium yang baik untuk melengkapi nutrisi agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

2. Tahu dan Tempe

Lauk yang satu ini memang menjadi primadona dan favorit bagi seseorang yang memutuskan untuk menjadi vegetarian. Tahu dan tempe dibuat dari olahan kedelai, di mana kandungan protein pada kedelai sangat tinggi dan baik untuk menjaga stamina serta kebugaran tubuh seseorang.

3. Brokoli

Selanjutnya, Anda bisa mengonsumsi brokoli sebagai asupan protein nabati. Brokoli sangat kaya akan protein, mineral, serta vitamin yang dubutuhkan tubuh untuk menangkal berbagai macam gangguan serta masalah kesehatan. Selain itu, brokoli juga bisa membuat otak lebih terlindungi dari ancaman radikal bebas.

4. Kacang-Kacangan

Sumber protein nabati juga bisa Anda temukan pada kacang-kacangan. Selain aman dikonsumsi, kacang-kacangan juga bisa menekan bakteri karena sifatnya yang anti bakteri serta anti peradangan. Kemudian, kacang-kacangan juga kaya akan zat besi, mineral, serta vitamin B yang berguna dalam memberikan cadangan energi pada tubuh ketika sedang menerapkan pola makan vegetarian.