Terbit: 17 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Jika kita berbicara tentang kafein, maka hal pertama yang akan terpikir biasanya adalah kopi. Dalam realitanya, kopi memang tinggi kandungan kafein yang bisa menambah semangat sekaligus menghilangkan rasa kantuk. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan atau minuman lain yang ternyata juga tinggi kandungan kafein, lho.

7 Makanan Sumber Kafein Selain Kopi

Makanan dan Minuman yang Juga Tinggi Kandungan Kafein

Ada sebagian orang yang mengaku mengalami gangguan asam lambung tinggi atau perut kembung setelah minum kopi sehingga memilih untuk menghindarinya. Beruntung, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan atau minuman lain yang juga bisa menyediakan asupan kafein selain kopi.

Berikut adalah makanan dan minuman tersebut.

  1. Teh

Teh dikenal luas sebagai minuman yang tinggi kandungan antioksidan yang bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks. Hanya saja, banyak orang yang ternyata masih tidak tahu jika minuman ini juga mengandung kafein.

Memang, kafein di dalam teh tidaklah sebanyak di dalam kopi, namun jika kita mengonsumsi teh hijau atau teh hitam, setidaknya bisa mendapatkan kafein sebanyak 30 miligram untuk setiap cangkirnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Banyak orang yang merekomendasikan teh bagi orang-orang yang cenderung sensitif dengan kopi. Tak hanya sama-sama nikmat dan menyegarkan, manfaat kesehatannya juga cukup tinggi.

  1. Minuman Bersoda

Jika kita minum soda sebanyak satu gelas saja, maka sudah mendapatkan kafein sebanyak 30 miligram, atau setara dengan jika kita minum teh hitam dan teh hijau. Masalahnya adalah berbeda dengan teh, minuman bersoda termasuk dalam minuman yang tidak sehat karena tinggi kandungan pemanis buatan. Terlalu sering mengonsumsinya tentu akan menyebabkan datangnya masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes.

  1. Minuman Energi

Sebenarnya, minuman bersoda dan minuman energi cukup mirip. Hanya saja, orang yang mengonsumsi minuman energi biasanya adalah mereka yang menggunakan tenaganya demi menyelesaikan pekerjaan sehari-hari seperti supir kendaraan jarak jauh atau buruh.

Memang, minuman ini bisa membuat kita seperti mendapatkan tenaga tambahan dan melawan rasa kantuk, namun kandungan gulanya cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi dengan berlebihan, dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan diabetes.

  1. Cokelat Hitam

Salah satu camilan yang paling digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan bisa memberikan sensasi nyaman ini ternyata juga memiliki kandungan kafein, lho. Hanya saja, jumlahnya memang cukup rendah, yakni sekitar 20 miligram saja untuk setiap batang.

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa rutin makan cokelat hitam atau dark chocolate dalam jumlah yang kecil bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

  1. Es Krim

Memang tidak semua es krim memiliki kandungan kafein. Bahkan, jikalau makanan yang menyegarkan untuk dikonsumsi saat cuaca panas ini memilikinya, jumlahnya juga biasanya sangat sedikit. Meskipun begitu, pakar kesehatan menyebut jumlah kafein yang sedikit ini sudah cukup untuk membuat tubuh lebih segar dan berenergi.

  1. Kuaci

Tak disangka, camilan yang memiliki rasa gurih dan sangat asyik untuk dikonsumsi sambil mengobrol atau menonton acara televisi ini ternyata juga memiliki kandungan kafein, lho. Jumlahnya memang tidak begitu banyak, namun hal ini sudah mampu membantu tubuh menjadi lebih berenergi. Banyak pakar kesehatan yang menyebut kuaci sebagai salah satu camilan yang baik dan sehat.

  1. Protein Bar

Protein bar memang kurang populer di Indonesia, namun camilan ini ternyata juga memiliki kandungan kafein sebanyak 50 mg untuk setiap batangnya. Sebagaimana setelah minum kopi, kita bisa merasakan sensasi lebih berenergi setelah mengonsumsinya.

 

Sumber:

  1. Cooper, Rory. 2018. The Best Sources of Caffeine—Revealed. rd.com/food/fun/best-sources-caffeine/ (Diakses pada 17 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi