Segala Hal Tentang Sulam Bibir : Jenis, Manfaat, hingga Efek Samping

sulam-bibir-doktersehat

DokterSehat.Com – Sulam bibir menjadi salah satu usaha yang dilakukan para wanita untuk meningkatkan penampilan. Banyak orang yang rela mengeluarkan biaya yang tidak murah untuk melakukan prosedur ini demi mendapatkan warna bibir yang diinginkan.

Apa sebenarnya yang membuat sulam bibir begitu diminati dan apakah sulam bibir baik untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Sulam Bibir?

Sulam bibir adalah sebuah metode untuk memerindah warna dan bentuk bibir. Sulam bibir bersifat seperti tato semi permanen. Prosedur pengerjaan sulam bibir juga tidak jauh berbeda dengan pemasangan tato pada kulit yaitu dengan menyuntikkan tinta ke bagian bibir. Warna tinta bisa disesuaikan dengan warna bibir yang diinginkan.

Selain sebagai cara memerahkan bibir, sulam bibir juga bisa membentuk serat bibir sesuai dengan yang Anda inginkan. Beberapa orang juga memilih untuk membentuk bibirnya agar terlihat lebih kecil atau bahkan lebih besar. Hasil dari sulam bibir bisa bertahan selama 4 hingga 5 tahun.

Jenis Sulam Bibir

Terdapat dua jenis sulam bibir yang bisa menjadi pilihan Anda, yaitu:

1. Sulam bibir nano

Sulam bibir nano dikenal juga dengan sulam bibir natural. Hasil dari sulam bibir nano adalah bibir merah alami sesuai dengan warna yang kita inginkan. Proses sulam bibir nano dimulai dengan perbersihan bibir, kemudian diikuti dengan pemberian krim anestesi untuk mengurangi rasa sakit dan agar bibir tidak kaku selama proses sulam.

Setelah itu bibir akan digambar untuk membuat bentuk bibir yang kita inginkan. Kemudian barulah dilakukan proses sulam bibir menggunakan pena mengikuti bentuk bibir yang sudah digambar. Setelah semua proses selesai, Anda akan diberikan obat oles untuk mempercepat pemulihan bibir.

2. Sulam bibir kristal

Langkah awal dalam sulam bibir kristal tidak berbeda jauh dengan sulam bibir nano. Hal yang membedakannya adalah, ketika pena diaplikasikan ke bibir, pena akan dibiarkan di bibir selama kurang lebih 5 menit.

Setelah proses sulam menggunakan pena selesai, bibir akan ditaburi dengan serbuk kristal atau mutiara. Tujuan dari pemberian serbuk kristal adalah agar timbul efek bibir yang lebih berkilau.

Manfaat Sulam Bibir

Manfaat sulam bibir tentu saja adalah mendapatkan bibir dengan warna merah merona alami. Warna merah bibir juga identik dengan bibir yang cantik. Bibir yang merah akan memberikan kesan segar dan tidak pucat pada wajah Anda. Kepercayaan diri seseorang pun akan meningkat berkat penampilan bibir yang lebih segar.

Warna merah permanen pada bibir juga bisa membuat kita menghemat waktu untuk berdandan. Lipstik juga tidak lagi menjadi alat make up yang wajib digunakan setiap hari. Penggunaan lipstik pun akan banyak berkurang.

Berkurangnya penggunaan lipstik tentu saja akan membuat kita semakin hemat. Bayangkan saja berapa banyak uang yang Anda keluarkan untuk kebutuhan lipstick sehari-hari dalam kurun waktu 3 hingga 5 tahun? Mengurangi penggunaan lipstik juga bisa menghindarkan kita dari berbagai risiko penggunaan lipstik yang terlalu sering.

baca juga : Wanita Dengan Kondisi Ini Sebaiknya Tidak Melakukan Sulam Alis dan Bibir

Efek Samping Sulam Bibir

Selain memilki manfaat, sulam bibir juga memilki beberapa efek samping yang perlu Anda waspadai. Lebih jelasnya, berikut efek samping sulam bibir:

1. Bibir tidak sehat

Efek samping sulam bibir yang pertama adalah bibir yang menjadi tidak sehat. Lapisan epidermis bibir yang rusak membuat bibir menjadi lebih tipis dan sensitif. Anda akan lebih mudah merasakan efek terbakar jika bibir tersentuh makanan yang panas atau pedas. Bibir juga jadi menjadi kering dan pecah-pecah.

2. Anestesi tidak menghilangkan rasa sakit

Anda akan merasakan rasa sakit selama proses sulam bibir. Anestesi yang dilakukan hanya akan sedikit mengurangi rasa sakitnya. Selain itu, tidak semua ahli sulam bibir memberikan anestesi pada pasiennya. Rasa sakit kemungkinan masih akan bertahan beberapa lama setelah proses sulam bibir selesai.

3. Timbulnya reaksi alergi

Efek samping selanjutnya adalah timbulnya alergi yang diindikasikan dengan rasa gatal di bibir. Alergi bisa terjadi karena ketidakcocokan terhadap kandungan yang ada di dalam tinta atau karena kurangnya kebersihan pada alat sulam yang digunakan.

4. Pendarahan

Sulam bibir juga bisa memberikan efek samping berupa pendarahan di bibir. Efek samping ini bisanya terjadi pada wanita yang sedang menstruasi. Hal ini lah yang membuat sulam bibir dilarang untuk wanita yang sedang menstruasi.

5. Gangguan pada janin

Selain pada wanita yang sedang menstruasi, sulam bibir juga terlarang bagi ibu hamil. Zat pewarna yang digunakan bisa masuk ke peredaran darah dan kemudian mengganggu perkembangan janin.

6. Menyebabkan Iritasi

Sulam bibir juga bisa menyebabkan iritasi pada bibir. Proses sulam alis yang meninggalkan luka di bibir bisa membuat bibir menjadi merah. Gelaja ini seharusnya hanya muncul di waktu awal setelah proses sulam alis selesai.

7. Penyakit menular

Efek samping yang mungkin timbul dari sulam bibir selanjutnya adalah tertular penyakit. Penggunaan alat yang tidak steril membuat Anda mungkin terkena risiko beberapa penyakit menular seperti hepatitis C atau bahkan AIDS.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Sulam Bibir

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk meminimalisir kegagalan dan menghindari berbagai efek samping dari sulam bibir.

1. Pastikan Anda tidak menderita diabetes atau hipertensi

Jika Anda mengidap kedua penyakit tersebut maka luka dari sulam bibir akan sulit untuk sembuh. Lamanya proses penyembuhan luka tersebut bisa memicu terjadinya infeksi.

2. Jangan sembarangan memilih klinik kecantikan untuk sulam bibir

Kebanyakan efek samping dari sulam bibir timbul karena kurang berkualitasnya tinta yang digunakan hingga kurang sterilnya peralatan yang digunakan. Pastikan tenaga ahli yang mengerjakan telah memilki izin dan sudah tersertifikasi.

3. Lebih baik jangan berharap mendapatkan bentuk bibir yang lebih bervolume

Sulam bibir memang bisa membuat bibir Anda menjadi lebih kecil atau lebih besar, tapi ada baiknya jika Anda tidak meminta untuk memperbesar bibir Anda. Reaksi kulit wajah dan kulit bibir terhadap tinta yang digunakan akan berbeda. Hal ini akan menyebabkan warna menjadi tidak konsisten.

4. Sulam bibir ternyata tidak bisa berhasil di semua jenis bibir

Banyak orang yang beranggapan bahwa sulam bibir merupakan satu cara untuk menghilangkan bibir hitam. Sulam bibir tidak akan bekerja pada bibir dengan frekles, bibir hitam akibat faktor genetik, dan juga pada bibir dengan multi-tone.

5. Pilihlah warna yang lebih gelap

Hasil warna sulam bibir pigmentasinya akan berkurang dibandingkan warna tinta yang disuntikkan. Semakin lama warna tersebut juga akan berubah semakin terang. Jadi, jangan ragu untuk memilih warna yang lebih gelap atau jika tidak Anda justru akan mendapatkan warna yang terlalu pucat.

6. Perhatikan obat dan suplemen yang Anda konsumsi

Sebelum melakukan sulam bibir pastikan Anda tidak sedang mengonsumsi obat atau suplemen yang dapat mengganggu proses pembekuan darah. Jika proses pembekuan darah terganggu, maka luka Anda akan sembuh lebih lama atau bahkan bisa terjadi pendarahan.

7. Jaga kesehatan

Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan juga air putih. Anda harus memastikan bahwa tubuh Anda dalam keadaan bugar ketika melakukan prosedur sulam bibir ini.