Suka Makanan Super Pedas? Waspadai 4 Masalah Kesehatan Ini

makanan-pedas-cabai-doktersehat
Photo Credit: flickr/ Steve Johnson

DokterSehat.Com– Makan tanpa sambal? Hmm, kayaknya belum lengkapnya. Memang, masyarakat Indonesia dikenal sebagai pecinta makanan pedas. Dengan mengonsumsinya, kita bisa merasakan sensasi lezat, mantap, dan badan yang lebih segar.

Belakangan ini kita tentu sering melihat kafe-kafe atau restoran yang menjajakan makanan pedas berlevel yang membuat penasaran. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak sembarangan dalam mengonsumsi makanan pedas karena dikhawatirkan bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti sebagai berikut:

1.Maag
Dikutip dari Tempo, masalah kesehatan yang juga disebut sebagai gastritis ini memang seringkali dipicu oleh makanan pedas. Biasanya, mereka yang kerap mengonsumsi makanan pedas terlalu sering lebih rentan terkena masalah maag yang memiliki gejala berupa mual-mual atau muntah, diare, dan perut yang tidak nyaman.

2. Asam lambung tinggi
Selain maag, penyakit lain yang bisa dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak adalah asam lambung tinggi. Kondisi ini membuat asam lambung naik menuju kerongkongan dan membuat bagian dada atau perut seperti terbakar dan sangat tidak nyaman.

3. Sakit kepala
Tak disangka, sering mengonsumsi makanan pedas ternyata juga bisa memicu masalah sakit kepala. Hal ini terjadi jika kita mengonsumsi makanan pedas dalam kondisi perut kosong. Tak hanya kepala yang terasa nyeri, biasanya kondisi ini juga disertai dengan munculnya maag yang parah.

4. Insomnia
Makanan pedas ternyata tidak hanya menyebabkan gangguan pencernaan, melainkan juga memicu masalah susah tidur atau insomnia. Biasanya, hal ini terjadi jika kita mengonsumsi makanan terlalu pedas dekat dengan waktu tidur sehingga membuat perut terasa tidak nyaman. Kondisi inilah yang membuat kita kesulitan untuk terlelap.

Sobat sehat suka makanan super pedas, tidak? Kalau iya, pastikan untuk tidak sembarangan dalam mengonsumsinya, ya?