Suka Makan Pedas di Malam Hari? Waspadai Dampak Ini

sambal-doktersehat
Photo Source: resepista.blogspot.com

DokterSehat.Com– Banyak orang yang sengaja mengonsumsi makanan pedas di malam hari. Tak hanya karena memiliki rasa yang enak dan mantap, makanan pedas juga dianggap cocok untuk dimakan bersama saat wisata kuliner atau makan bersama dengan keluarga. Meskipun wajar untuk dilakukan siapa saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa makan pedas di malam hari bisa memberikan dampak tersendiri bagi kesehatan.

Orang dengan kondisi sehat boleh-boleh saja mengonsumsi makanan pedas. Hanya saja, bagi mereka yang menderita penyakit maag, mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan serangan maag mudah muncul. Bahkan, dalam beberapa kasus, mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan luka pada lambung yang tentu bisa berbahaya. Sementara itu, bagi orang yang sehat dan tidak memiliki maag, efek paling buruk dari mengonsumsi makan pedas biasanya adalah sakit perut, apalagi jika kebiasaan makanan pedas ini dilakukan dengan berlebihan.

Lantas, seperti apa makan pedas yang berlebihan? Tak hanya mengonsumsi sambal atau cabai dengan berlebihan, jika kita sampai mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak, muka memerah, dan mulut, bibir, atau bahkan perut merasa panas, maka hal ini sudah dianggap berlebihan dan bisa meningkatkan risiko terkena sakit perut atau diare.

Lantas, bagaimana dengan kebiasaan mengonsumsi makanan pedas di malam hari? Meskipun bisa membuat selera makan bertambah sekaligus mendapatkan sensasi mantap saat mengonsumsinya, makan pedas di malam hari bisa memicu susah tidur atau insomnia. Hal ini disebabkan oleh perut yang terasa tidak nyaman dan panas hingga beberapa waktu setelah mengonsumsinya. Selain itu, sistem metabolisme tubuh juga akan meningkat dengan drastis demi mencerna makanan pedas dan akhirnya membuat kita lebih waspada dan tidak mudah mengantuk.

Untuk mitos yang menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan radang tenggorokan atau kanker usus, mitos ini bisa dianggap sebagai hoaks yang tidak sesuai dengan fakta medis. Justru, dalam banyak kasus, mengonsumsi cabai mampu menyembuhkan radang tenggorokan. Selain itu, kandungan di dalam cabai juga terbukti tidak terkait dengan risiko kanker usus.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sembarangan mengonsumsi makanan pedas di malam hari.