Suka Makan Kimchi? Makanan Khas Korea Ini Ternyata Salah Satu yang Tersehat di Dunia, Lho

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika setiap tanggal 22 November di Korea selalu diperingati sebagai Kimchi Day atau Hari Kimchi? Perayaan ini bahkan sampai dijadikan Doodle oleh mesin pencari Google hari ini. Mengingat cukup banyak masyarakat Indonesia yang sedang terkena demam Korea, berbagai makanan khas Korea seperti kimchi juga kini cukup banyak diburu. Tak disangka, dibalik rasanya yang unik, kimchi ternyata dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat yang ada di dunia.

Jurnal kesehatan Health pada tahun 2013 menyebut kimchi sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia karena terbuat dari hasil fermentasi beberapa jenis sayuran layaknya lobak, kubis, sawi, daun bawang, wortel, dan berbagai bahan herbal lainnya. Tak hanya rendah kalori, kimchi kaya akan serat, mineral, dan vitamin A, B, serta C.

Mengkonsumsi kimchi secara rutin layaknya yang dilakukan orang Korea akan membuat kita mendapatkan bakteri baik yang akan menyehatkan saluran pencernaan. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa konsumsi kimchi bisa mencegah munculnya infeksi jamur di dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan pada kubis yang difermentasi ternyata juga bisa mencegah datangnya penyakit kanker.

Penelitian lain yang dilakukan di Busan National University, Korea yang dilakukan pada tahun 2013 menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi kimchi cenderung akan menurunkan kadar kolesterol jahat atau menjaganya dalam angka yang sehat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan bawang putih yang ada dalam kimchi layaknya allicin dan selenium yang memang cukup ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, selenium juga mampu melindungi dinding arteri sekaligus mencegah terbentuknya plak. Hal ini berarti, dengan rutin mengkonsumsi kimchi, maka resiko terkena penyakit jantung dan stroke juga akan semakin menurun.