Terbit: 22 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka dengan daging panggang? Rasanya pasti sangat lezat, apalagi jika ditambah dengan bumbu-bumbu yang tepat. Kita tentu akan ketagihan dan bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak.

Suka Makan Daging Panggang? Waspadai Bahayanya Ini

Sayangnya, sebagaimana dilansir dari Today, mengonsumsi daging yang dibakar atau dipanggang di dalam api dengan suhu tinggi bisa meningkatkan risiko terkena masalah tekanan darah tinggi dengan signifikan. Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam pertemuan American Heart Association, Rabu, 21 Maret 2018 lalu.

“Penemuan kami menunjukkan bahwa menghindari makanan yang diolah dengan cara dibakar langsung di atas api atau dimasak dengan suhu yang sangat tinggi bisa menurunkan risiko terkena hipertensi, khususnya bagi mereka yang gemar mengonsumsi daging merah, ayam, dan ikan,” ucap Gang Liu, pemimpin penelitian yang berasal dari Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Dalam penelitian ini, 32,925 data wanita dari Nurses’ Health Study; 53,852 data wanita dari Nurses’ Health Study II, dan 17,104 data pria dari Health Professionals Follow-Up Study diperiksa. Data ini menunjukkan bahwa semua partisipan pria dan wanita tidak mengalami masalah kesehatan seperti hipertensi, kanker, penyakit kardiovarkulas, dan diabetes di awal penelitian.

Setelah 12-16 tahun kemudian, 37,123 partisipan mengalami masalah tekanan darah tinggi. Kebanyakan dari mereka yang mengalami masalah ini adalah yang mengonsumsi rata-rata dua porsi daging merah, ayam, atau ikan dalam seminggu. Risiko untuk terkena masalah kesehatan ini akan jauh lebih meningkat jika daging yang dikonsumsi diolah dengan cara dibakar, dipanggang, atau dimasak dalam suhu yang sangat tinggi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Para peneliti menduga jika proses pengolahan daging dalam suhu tinggi bisa mendukung zat yang bisa memicu stress oksidatif, peradangan, dan resisensi insulin. Hal inilah yang kemudian bisa memicu masalah tekanan darah tinggi.

Sobat Sehat suka makan daging panggang tidak? Waspada dengan masalah tekanan darah, ya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi