Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Remaja berusia 17 tahun dari Tiongkok bernama Xiao Lu tidak pernah menyangka jika hobinya mengonsumsi daging panggang bisa berimbas pada munculnya kanker pankreas, salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Suka Makan Daging Panggang, Remaja Ini Didiagnosis Kanker Pankreas

Dilansir dari Goodtimes, sebagaimana remaja pada umumnya, Xiao menjalani kehidupan sehari-hari dengan bersekolah hingga siang, bermain sepakbola hingga sore hari, dan bermain video game saat ada waktu luang. Sayangnya, kebiasaannya mengonsumsi daging panggang hingga hampir setiap hari ternyata membuat dampak yang sangat buruk bagi kesehatannya, khususnya pada organ pencernaan.

Awalnya, Xiao mengalami masalah buang air besar dan kerap merasakan nyeri punggung dan perut. Ia juga mengalami masalah gatal-gatal pada kulit dan penyakit kuning. Bahkan, air seninya saat buang air kecil berubah menjasi sangat gelap. Meskipun sudah minum obat, berbagai masalah kesehatan ini tak kunjung bisa disembuhkan.

Xiao pun memilih untuk pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan kondisinya. Disanalah Ia terkejut tatkala didiagnosis kanker pankreas stadium 4. Sang ibu yang tak percaya jika putranya bisa saja meninggal setiap saat akibat penyakit mengerikan ini langsung menangis sejadi-jadinya.

Dokter yang menangani masalah kesehatan Xiao berkata bahwa kerap mengonsumsi daging panggang atau makanan lain yang diproses dengan cara dibakar bisa membuat kita lebih rentan terkena kanker. Hal ini disebabkan oleh bagian makanan yang berwarna hitam karena terpanggang api memiliki karsinogen bernama heterocyclic amines (HCA). Karsinogen ini bisa langsung merusak DNA dan memicu mutasi sel yang akhirnya menyebabkan munculnya kanker.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Makanan yang paling banyak mengandung HCA adalah daging panggang, daging steak, ikan salmon yang dipanggang bersama dengan kulitnya, babi panggang, iga sapi panggang, dan daging dalam hamburger.

Melihat adanya risiko terkena penyakit kanker berbahaya, ada baiknya kita tak lagi sering mengonsumsi makanan tersebut, ya?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi