Terbit: 13 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak suka buah apel? Umumnya sebagian besar dari kita suka mengonsumsi buah ini. Buah apel tergolong mudah diperoleh di banyak tempat, di perkotaan khususnya pusat perbelanjaan, buah apel menjadi buah yang hampir selalu tersedia produknya. Maka dari itu tidak heran jika buah ini banyak penggemarnya.

Suka Makan Buah Apel? Waspadai 3 Hal Ini

Selain mudah diperoleh apel juga kaya manfaat, kandungan vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6 dan C serta mineral seperti kalium dan magnesium banyak terdapat pada buah apel. Kandungan serat pada apel juga tergolong tinggi dibandingkan dengan buah lain yang mudah diperoleh.

Namun, menurut pakar pertanian Nunung Nurjannah ada beberapa hal yang perlu kita waspadai saat mengosumsi apel. Ketiga hal tersebut adalah:

1. Hindari biji apel
Terkadang kita sering tidak sengaja menelan biji buah yang kita makan dan beranggapan bahwa hal tersebut tidak apa-apa terjadi. Namun, sepertinya hal ini tidak dapat kita lakukan saat sedang makan apel. Pada biji apel terdapat kandungan cyanogenci glycoside atau sianida yang berbahaya. Hal ini sudah terbukti namun masih belum dapat dipastikan berapa banyak biji apel yang dapat menyebabkan kita keracunan sianida.

2. Jangan memakan apel terlalu lama
Ternyata apabila kita mengonsumsi apel secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama, tingkat keasaman apel menjadi tinggi dan hal ini dapat merusak gigi. Bahkan menurut Professir David Bartlett seorang ahli kesehatan gigi dari Inggris kandungan asam pada apel apabila kita mengonsumsinya terlalu lama lebih merusak gigi dibandingkan dengan minuman bersoda. Maka dari itu kita disarankan meminum air putih setelah makan apel agar kandungan asam dari apel tidak menempel di gigi

3. Cuci apel yang mengkilat
Apel yang mengkilat terlihat begitu menggoda untuk dimakan, tapi ternyata lapisan lilin pada apel tersebut memiliki zat pengawet meskipun umumnya terbuat dari lilin lebah yang tidak beracun. Selain itu, apel termasuk buah yang umumnya memiliki kandungan pestisida tinggi, apabila lapisan lilin pada apel dilapisi saat pestisida masih menempel pada buah, hal ini menjadi berbahaya. Untuk menghindarinya kita sebaiknya mencuci apel di air mengalir dengan sabun yang aman untuk bahan makanan.

Itu dia tiga hal penting yang perlu kita waspadai saat mengonsumsi apel. Ayo coba kita terapkan sebelum makan apel agar apel yang kaya gizi ini tetapdapat kita rasakan manfaatnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi