Suka Kecap Manis? Waspadai Dampak Kesehatan Jika Kerap Mengkonsumsinya

kecap-manis-doktersehat
Photo Credit: Healthy Gf Asian

DokterSehat.Com– Kecap manis masih menjadi salah satu bumbu masakan yang paling kerap digunakan di dapur. Beberapa jenis masakan yang kerap memakainya adalah nasi goreng, semur, bacem, dan berbagai masakan lainnya. Bahkan, kadangkala kita juga memakai kecap ini sebagai penambah rasa masakan layaknya saat kita makan dengan nasi dan telur ceplok saja. Meskipun rasanya enak, ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan karena bisa menimbulkan dampak kesehatan seperti sebagai berikut.

Photo Credit: Healthy Gf Asian

Memicu gangguan hormon tiroid
Kecap manis dibuat dari proses fermentasi dari kedelai hitam, gula merah, dan bahan lainnya. Proses ini ternyata membuat kecap memiliki kandungan kimia goitrogens, semacam isoflavone dalam jumlah yang tinggi sehingga bisa memicu masalah hipotiroidisme jika dikonsumsi dengan berlebihan.

Menyebabkan kanker payudara
Tingginya kandungan isoflavone pada kecap manis bisa memicu pertumbuhan sel-sel kanker pada payudara. Bahkan, ada laporan yang menyebutkan bahwa konsumsi kecap manis dengan berlebihan bisa menyebabkan gangguan siklus haid bagi kaum hawa.

Buruk bagi kesuburan pria
Dengan mengkonsumsi kecap manis secara berlebihan, maka kadar estrogen di dalam tubuh pria akan bertambah dan akhirnya menghambat kinerja tiroid. Hal ini akan membuat metabolisme tubuh menjadi semakin lambat, meningkatkan berat badan, dan menurunkan produksi hormon seks yang mempengaruhi produksi sperma yang berkualitas. Kesuburan pria tentu akan terganggu gara-gara hal ini.

Memicu hypernatremia
Terlalu sering mengkonsumsi kecap manis bisa menyebabkan kondisi hypernatremia, kondisi dimana darah memiliki kandungan garam dengan berlebihan sehingga membuatnya menjadi lebih kental. Hal ini bisa memicu kerusakan otak, kejang-kejang, atau bahkan kematian.

Melihat adanya dampak buruk ini, konsumsilah kecap manis dengan jumlah yang wajar saja dan tidak berlebihan.